Advertorial

Dari Fungsi, Karakter, sampai Gengsi, Jam Tangan Apa yang Cocok untuk Anda?

Kompas.com - 12/10/2017, 18:59 WIB

Berbicara aksesori wanita pastinya akan banyak ragamnya. Mulai dari anting, cincin, gelang, jepitan rambut, dan banyak lagi. Namun ketika kita berbicara aksesori pria, satu-satunya barang yang universal adalah jam tangan.

Jam tangan fungsi teknisnya memang sebagai penunjuk waktu, tetapi jam tangan juga berfungsi sebagai aksesori. Bahkan jam tangan sering kali digunakan sebagai penanda status sosial. Seperti halnya logam mulia yang digunakan oleh wanita sebagai perhiasan, semakin sukses seseorang, tentunya jam tangan yang digunakan juga semakin mahal.

Jam tangan juga sering dijadikan kado istimewa sebagai penghargaan atas kinerja seseorang. Biasanya ketika seseorang melangkah ke fase baru dalam kariernya, apakah itu ke jabatan yang lebih tinggi atau masuk ke masa pensiun, jam tangan menjadi pilihan hadiah yang tepat.

Tidak heran banyak merek jam tangan yang harganya selangit.

Membahas tentang jam tangan dari masa ke masa, sebagai sebuah teknologi, seni, dan juga fesyen, tentu saja mengalami perubahan. Sampai saat ini terdapat empat jenis jam tangan yang umum:

Jam saku

Seperti namanya, jam yang sudah ada sejak zaman Ratu Elizabeth 1 ini bukan dikenakan di pergelangan tangan melainkan disimpan di dalam saku. Jam yang sering kita lihat dalam film-film dengan setingan abad pertengahan ini biasanya berbentuk bulat disertai rantai kecil dan tipis.

Jam seperti ini mungkin sudah sangat sulit ditemukan dan tentu saja sudah tidak laku lagi dipasar karena tidak praktis. Orang yang menggunakannya dipastikan adalah orang-orang anti mainstream yang menyukai hal-hal vintage.

Jam tangan dengan jarum penunjuk waktu

Awal mulanya ini merupakan jam saku yang bisa dikenakan di pergelangan tangan agar lebih praktis. Jam ini masih populer sampai sekarang, walaupun tentu saja teknologinya terus berkembang. Mulai dari yang menggunakan kumparan penyeimbang, baterai, sampai yang sumber energinya dari gerakan (kinetik) sampai cahaya matahari (solar).

Sulit menggambarkan karakter orang yang menggunakan jam tangan jenis ini, karena ini merupakan jenis jam tangan yang sangat umum.

Jam tangan dengan layar digital

Awal kemunculan dan kepopulerannya, banyak yang menyangka jam tangan dengan layar digital merupakan masa depan yang akan menggantikan jam tangan analog. Namun nyatanya tidak begitu, ini hanya menjadi preferensi penggunanya saja.

Bahkan banyak juga model jam tangan sekarang yang menggabungkan tampilan jarum penunjuk waktu dengan layar digital. Walaupun tidak selalu, biasanya orang yang menggunakan jam jenis ini berjiwa muda.

Smartwatch

Ini merupakan jenis jam tangan terbaru, yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi mutakhir abad ini: smartphone. Pada dasarnya, jam tangan ini merupakan smartphone dengan ukuran kecil yang bisa dikenakan di pergelangan tangan.

Fungsinya selain untuk menunjukkan waktu, biasanya smartwatch memiliki fungsi yang terhubung dengan smartphone. Seperti melihat notifikasi, menjawab, menolak, atau mematikan nada dering dari suatu panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

Tentu saja orang yang menggunakan smartwatch mempunyai karakter futuristik.

Dari empat macam jam tangan tersebut tipe manakah yang cocok untuk Anda? Dimulai dari Tokopedia, Anda dapat mencari jam tangan pria rantai sampai cek harga smartwatch terbaru.

Ayo, cari jam tangan yang cocok dengan Anda di e commerce terpercaya berlogo hijau ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com