Advertorial

Merancang Anggaran Pensiun Sejak Muda

Kompas.com - 13/10/2017, 15:21 WIB

Bagi Anda yang sekarang masih menginjak usia produktif, masa pensiun memang rasanya masih tampak begitu jauh di depan. Walau rasanya masih lama, tetapi sejak muda Anda perlu mulai mempersiapkannya.

Dilansir dari Smart-money.co, ada cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan masa pensiun yang bahagia. Contohnya dengan mengikuti beberapa skenario berikut.

Pertama, setiap habis gajian, sisihkan 10-15 persen untuk ditabung. Semakin banyak menabung atau investasi pada usia muda, maka hasilnya akan semakin optimal. Bila dihitung-hitung, menabung dan investasi dengan nominal sedikit dari usia 25 tahun ternyata bisa memberi hasil maksimal dibanding baru mulai investasi di usia 40 tahun.

Kedua, pertahankan rumah yang Anda beli pertama kali. Memang, ketika karier semakin menanjak dan gaji bertambah, terkadang gaya hidup juga turut meningkat. Beberapa orang merasa perlu pindah ke rumah yang lebih besar, dan akhirnya mesti membeli furnitur atau kebutuhan rumah lainnya.

Sebenarnya, menurut pakar investasi Warren Buffet, hal tersebut tak perlu dilakukan. Pasalnya, itu akan membuat Anda boros. Selain menambah cicilan utang, akan ada biaya tambahan untuk membeli furnitur. Ia sendiri tidak pindah rumah selama 30 tahun meski kekayaannya terus bertambah. Cara ini patut dicontoh, yakni menjalani gaya hidup yang sederhana demi kebahagiaan hidup yang konsisten sampai hari tua.

Ketiga, lindungi portofolio investasi. Jika sudah pernah berinvestasi, coba bandingkan besar biaya masuk dan keluar pada investasi Anda. Meski kecil, biaya ini bisa menggerogoti investasi. Jadi, perhatikan biaya-biaya kecil tersebut untuk mendapat hasil maksimal.

 Keempat, cek perkembangan investasi Anda. Saat memasuki masa pensiun, Anda tetap harus memantau perkembangan dan efektivitas investasi tersebut. Siapkan juga alternatif investasi, sebab Anda perlu memikirkan kebutuhan investasi untuk jangka panjang, bukan hanya saat ini.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com