Advertorial

Tak Perlu Repot Kelola Sendiri Keuangan Perusahaan

Kompas.com - 16/10/2017, 11:30 WIB

Pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia mau tak mau memperketat persaingan antar para pelaku bisnis. Tak hanya soal persaingan, berbagai tantangan bisnis pun timbul seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Meskipun demikian, perusahaan tetap dituntut untuk meningkatkan performanya, baik dalam hal pemasaran maupun pengelolaan keuangan.

Di era yang serba digital, kecepatan transaksi dan pengambilan keputusan bisnis memainkan peranan yang penting bagi perusahaan. Di sisi lain, biaya operasional dan tenaga kerja juga semakin meningkat.

Pengelolaan keuangan dalam kegiatan bisnis pun menjadi aspek yang perlu diperhatikan demi menjaga kelancaran operasional perusahaan. Kompleksitas ini bisa diurai dengan menerapkan cash management yang tepat.

Untuk  menjawab kebutuhan ini, PT Bank Central Asia (BCA) menghadirkan layanan BCA Cash Management. Layanan ini membantu pengelolaan keuangan nasabah komersial dan SME. Layanan berbasis digital ini dapat dinikmati melalui Internet Banking BCA yaitu KlikBCA Bisnis, KlikBCA Bisnis Integrated Solution ataupun host to host antara system BCA dengan sistem nasabah terkait.

Menurut Direktur BCA Henry Koenaifi, pengelolaan arus kas yang efektif merupakan salah satu kunci sukses dari suatu perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sistem pengelolaan arus kas yang handal menjadi suatu kebutuhan utama.

Hal ini diperlukan agar segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis perusahaan dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat.

“Layanan BCA Cash Management fokus untuk mengembangkan hubungan usaha dengan para nasabah bisnis dan membangun serta memberdayakan jaringan bisnis melalui pemenuhan kebutuhan spesifik dari masing-masing sektor industri nasabah,” imbuh Henry.

Adapun solusi yang ditawarkan BCA Cash Management meliputi layanan pengelolaan payable management, receivable management, dan liquidity management. Payable management meliputi berbagai kewajiban pembayaran atas nama perusahaan.

Misalnya pembayaran gaji karyawan, supplier, tagihan bulanan, pajak, hingga pengelolaan biaya operasional transportasi dan logistik.

Sedangkan receivable management membantu perusahaan untuk mendebet otomatis kewajiban berdasarkan kuasa dari pelanggan kepada perusahaan atau BCA. Setiap penerimaan kewajiban atas transaksi online hingga jasa penjemputan uang tunai disediakan oleh layanan ini.

Sementara liquidity management meliputi berbagai kegiatan account management. Seperti pembukaan rekening giro, pinjaman jangka pendek untuk kebutuhan usaha, hingga penempatan deposito berjangka.

KlikBCA Bisnis sebagai sistem Cash Management telah diadopsi oleh lebih dari 120 ribu perusahaan. Selain itu, BCA pun menyediakan solusi Application Programing Interface (API) untuk menunjang bisnis perusahaan berbasis digital.

Solusi API BCA telah dimanfaatkan oleh lebih dari 100 perusahaan untuk mendapatkan informasi transaksi bisnis.

Solusi ini terus diperbarui agar layanan ini menjadi mitra yang tepercaya dan handal dalam bisnis para nasabah BCA. Layanan BCA Cash Management pun telah terbukti membuat operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, tercermin dari berbagai penghargaan yang telah diterimanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com