Advertorial

BCA Cash Management untuk Memudahkan Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Kompas.com - 16/10/2017, 14:00 WIB

Tuntutan untuk meningkatkan kinerja disertai efisiensi adalah dua hal penting dalam memenangkan persaingan bisnis. Terlebih lagi ini adalah era di mana bisnis digital sedang tumbuh pesat, ketika kecepatan menjadi kunci. Kecepatan Ini juga mencakup dalam pengelolaan keuangan.

Memang, pengelolaan keuangan ini selalu menjadi tantangan bagi perusahaan. Terlebih lagi ketika biaya operasional serta biaya tenaga kerja perusahaan yang Anda kelola semakin bertumbuh, pengelolaan keuangan yang aman, efektif, dan efisien menjadi sebuah keharusan. Inilah yang melatar belakangi solusi dari BCA melalui BCA Cash Management.

BCA Cash Management merupakan  layanan pengelolaan keuangan perusahaan yang terdiri dari payable management, receivable management, dan liquidity management.

Layanan payable management meliputi pembayaran gaji karyawan, pembayaran kepada supplier atau pihak ketiga secara satuan dalam berbagai mata uang, pembayaran tagihan bulanan (listrik, air, telepon, handphone, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, angsuran atau kewajiban lainnya) pembayaran pajak domestik, pengelolaan biaya operasional armada transportasi dan logistik, sampai pengelolaan biaya rapat dan perjalanan dinas dengan penggunaan kartu kredit atas nama perusahaan.

Kemudian layanan receivable management meliputi instruksi pendebetan secara otomatis atas kewajiban berdasarkan kuasa dari pelanggan kepada perusahaan atau BCA, penerimaan pembayaran kewajiban pelanggan atas transaksi secara online melalui portal perusahaan, kemudahan rekonsiliasi melalui setoran ke nomor rekening unik yang diberikan perusahaan kepada masing-masing pelanggan, serta layanan jasa penjemputan uang tunai.

Sementara layanan liquidity management meliputi account management berupa pembukaan rekening giro dan pengaturan dana secara otomatis antar rekening perusahaan, pinjaman dana jangka pendek untuk kebutuhan usaha, hingga investasi jangka pendek berupa penempatan deposito berjangka pasar uang.

Anda dapat dengan mudah untuk mendapatkan layanan tersebut melalui Internet Banking BCA, yaitu KlikBCA Bisnis atau KlikBCA Bisnis Integrated Solution.

Tidak hanya itu, layanan BCA ini juga dilengkapi dengan solusi Application Programing Interface (API). Keunggulan tentu saja menjadi lebih cepat, mudah, dan relatif murah dalam mengakomodasi kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan layanan perbankan yang terintegrasi secara host to host dengan sistem perusahaan.

Selain itu, melalui BCA Virtual Account, BCA juga memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan identifikasi dan rekonsiliasi penerimaan dana serta mendapatkan informasi  transaksi secara real time.

Digunakan legih dari 120 ribu perusahaan

Saat ini solusi API BCA telah dimanfaatkan oleh lebih dari 100 perusahaan dari berbagai lini industri. Perusahaan-perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia mulai menggunakan solusi API BCA untuk mendapatkan informasi penerimaan pembayaran dari konsumen melalui berbagai delivery channel BCA dan pembayaran kepada pemilik produk.

Salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi online terbesar di Indonesia juga memanfaatkan solusi API BCA dan BCA Virtual Account untuk penerimaan top up e-wallet melalui delivery channel BCA dan pembayaran kepada masing-masing mitra driver.

Selain itu, jumlah perusahaan yang menggunakan KlikBCA Bisnis sebagai sistem Cash Management telah mencapai lebih dari 120 ribu perusahaan, baik yang berskala korporasi, komersial hingga SME, dengan berbagai bidang industri dari manufaktur, infrastruktur, konsumtif, retail hingga e-commerce.

Apakah perusahaan Anda sudah menggunakannya?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com