Advertorial

Toyota Rush, "Trendsetter" SUV Medium

Kompas.com - 17/10/2017, 15:00 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Seiring berkembangnya pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air, makin banyak pula produsen yang menyodorkan produk-produk baru. Terutama di segmen SUV medium, yang memang secara tren penjualannya lebih tinggi dari segmen SUV high.

Kondisi ini dibuktikan sejak era 90-an, tepatnya antara 1995 sampai 2006 penjualan SUV medium bergerak di angka 14.000 per tahun. Tapi trennya melonjak tajam sejak Toyota membuat gebrakan dengan meluncurkan Rush pada Desember 2006.

Bermain di segmen menengah, Rush datang membawa sajian baru dari sosok SUV yang lebih modern dengan tampilan sporty dan maskulin. Sedangkan untuk memadai kebutuhan penggunaan dalam kota, Toyota membenamkan mesin 1.500 cc dengan pilihan transmisi otomatis empat percepatan dan lima manual. 

Gebrakan yang dilakukan Toyota berdampak signifikan pada lonjakan penjualan SUV medium pada 2006 sampai 2007. Bahkan pada 2011 sampai 2015, penjualan SUV medium masih terbilang tinggi yakni 62.000 unit per tahun dengan kontribusi Rush 30.000 unit, atau hampir setengahnya.

Dengan pencapaian tersebut, tidak salah bila Toyota Rush dianggap sebagai trendsetter yang membawa perkembangan SUV medium di Tanah Air. Apalagi Rush dirancang dengan menyesuaikan karakter kondisi jalan di Indonesia.

Dengan paduan desain modern dan sporty tanpa meninggalkan karakter asli dari SUV, seperti ground clearance 200 mm, ban tebal, serta ketangguhan yang teruji di berbagai medan, Rush terbukti mampu mengakomodir segala kebutuhan pengendara di Indonesia. Tangguh di medan off-road, dan stylish ketika melintas di perkotaan.

Pencapaian Rush sebagai pioner SUV medium juga makin kuat seiring dengan ragam penghargaan yang diterima serta tumbuhnya dukungan jaringan resmi Toyota di seluruh wilayah Indonesia. Tidak heran bila dari sisi resale value, Rush menjadi yang terbaik di segmennya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com