kabar ketenagakerjaan

Wakil Indonesia Bertarung di WorldSkills Abu Dhabi 2017

Kompas.com - 17/10/2017, 18:51 WIB

Berlokasi langsung di ibukota UEA, Kejuaraan Keterampilan Kejuruan Dunia (WorldSkills) Abu Dhabi 2017 telah resmi dibuka. Pada perhelatan yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 19 Oktober 2017 ini di Du Arena, Pulau Yas, Abu Dhabi ini mengumpulkan 1.300 pesaing dari seluruh dunia akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam keterampilan yang mereka kuasai.

“WorldSkills adalah salah satu platform kejuaraan keterampilan terbesar di dunia, yang memberi kesempatan mengadu keterampilan putra-putri terbaik bangsa dengan yang terbaik di dunia," jelas Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Satrio Bambang Lelono, dalam lawatannya ke Abu Dhabi, Minggu (15/10/2017).

Dalam kompetisi ini, akan ada 51 Keahlian berbeda yang akan dipertandingkan. Mulai dari budi daya bunga, penyusunan batu bata bata,perawatan pesawat terbang hingga robotika. Indonesia mengikuti 29 cabang kompetisi dengan 31 kompetitor (peserta).

“Saya harap putra-putri perwakilan Indonesia bisa kerahkan kemampuannya secara maksimal,” tambah Satrio.

Hampir 60 negara anggota WorldSkills dan kawasan telah mengirimkan timnya untuk bersaing. Acara ini diadakan di bawah naungan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA Sheikh Mohamed bin Zayed.

Dalam lawatannya ke Abu Dhabi, Satrio mengajak beberapa Kepala Balai Latihan Kerja, mengingat pentingnya peran BLK dalam pelatihan Vokasional.

“Saya harapkan nantinya dapat memunculkan calon-calon kompetitor yang berasal dari BLK,” ungkap Dirjen Satrio.

Saat ini, salah satu instruktur BLK Bekasi Farid Rinanto,mewakili Indonesia dalam kejuaraan sebagai expert yang mendampingi kompetitor elektro. Sementara itu, wakil Indonesia dalam Kejuruan Welding Rizal Hafizhi berjanji akan berikan yang terbaik demi nama bangsa. Mereka berharap dapat mengibarkan sang Merah Putih ada akhir kompetisi ini.

Kompetisi WorldSkills Abu Dhabi 2017 ini dibuka untuk umum di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi pukul 10, Minggu (15/10/2017) kemarin. Acara ini dihadiri sekitar 100.000 orang, termasuk 80.000 anak sekolah, dan 10.000 pengunjung internasional.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com