Advertorial

Membentuk Pola Pikir ala Orang Kaya

Kompas.com - 18/10/2017, 19:00 WIB

Saat melihat para tokoh, pebisnis, atau teman yang sukses secara finansial, kebanyakan orang akan berpikir tentang bagaimana mereka mendapatkan kekayaannya. Penulis buku How Rich People Think, Steve Siebold, mencoba memberikan jawabannya.

Rupanya, pola pikir orang kaya dalam menghasilkan uang berbeda dengan orang kelas menengah. "Yang membuatmu tak menjadi kaya bukanlah kurangnya keinginan menjadi kaya, melainkan kurang percaya diri dalam mewujudkannya," katanya.

Intinya, setiap orang mesti punya mental yang kuat jika ingin mewujudkan mimpinya. Lalu, bagaimana caranya mengasah kekuatan mental itu dalam kehidupan sehari-hari?  Salah satunya dengan mengubah pola pikir. Dilansir dari Smart-money.co, beberapa cara ini mungkin bisa Anda terapkan.

Merasa cukup meski tak punya uang

Jika Anda terus berpikir bahwa Anda tak punya uang, maka itulah yang akan terus terjadi. Mulai sekarang, jauhkanlah pikiran dari hal tersebut, lalu berangkatlah wujudkan ide yang ada di kepala.

Ide merintis bisnis kuliner? Wujudkanlah. Ide merintis situs belanja online di bidang mode? Wujudkanlah. Jika Anda tak punya cukup modal untuk mendirikannya, untuk sementara Anda bisa menggunakan uang orang lain, lalu mengembalikannya di kemudian hari.

Orang kaya tak takut mendanai masa depan dari kantong orang lain. Selain itu, orang kaya tahu bahwa uang selalu tersedia karena selalu ada investasi besar dan pemain hebat yang bisa membuat hal tersebut menguntungkan.

Menghasilkan uang adalah permainan

Orang kaya menganggap bisnis, kehidupan, dan penghasilan sebagai permainan yang memang mereka sukai. Artinya, mereka terus bekerja dan melakukan hal ini setiap hari, meski mereka  sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Saat melakukan ini, ada rasa gembira yang muncul. Rasa gembira itulah yang menumbuhkan semangat alias passion dalam hidupnya. Semakin bersemangat, semakin sukses pula kehidupan seseorang.

Terus bermimpi

Menurut Steve, orang kaya punya ekspektasi sangat tinggi terhadap keuangannya. Istilahnya, mereka cukup ambisius untuk mewujudkan cita-citanya. Setelah menetapkan ambisi, mereka pun menyusun cara untuk mewujudkannya, lalu berusaha melakukan semuanya.

Bagi mereka, membangun kekayaan terkait pola pikir, bukan apa yang selalu Anda pikirkan. Karena itu, mengubah pola pikir adalah hal yang sangat penting.

Tidak perlu takut

Jangan takut meninggalkan zona nyaman, sebab perjalanan kesuksesan Anda akan dimulai dari titik tersebut. Bagi orang kaya, kenyamanan justru bisa sangat menghancurkan.

Menilai diri pantas menjadi kaya

Orang kaya tidak hanya percaya bahwa menjadi kaya itu wajar, mereka juga percaya itu benar. Pemikir kelas dunia tahu, di negara kapitalis mereka memiliki hak untuk menjadi kaya jika bersedia menciptakan nilai besar bagi orang lain.

Sebaliknya, kebanyakan orang berpikir bahwa menjadi kaya adalah keberuntungan. Orang kaya juga sangat percaya jika mereka membuat hidup lebih baik atau lebih mudah bagi orang lain.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com