Advertorial

Menggunakan AC, Amankah untuk Anak-anak dan Bayi?

Kompas.com - 20/10/2017, 09:43 WIB

Suhu yang tinggi, udara panas, serta kelembaban tinggi akan sangat mengganggu bagi anak-anak dan bayi. Ini karena anak-anak di usia balita dan bayi tidak seperti orang dewasa yang bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu mereka lebih peka terhadap udara panas, mudah kegerahan, dan berkeringat.

Kulit yang lebih sensitif juga membuat mereka rentan terkena biang keringat di kondisi udara tropis.  Jika biang keringat sudah menyerang dipastikan mereka akan rewel seharian. Waktu istirahat mereka pun akan terganggu karena rasa gatal dan panas di kulit.

Nah, kebanyakan orang tua masa kini menjadikan AC sebagai satu-satunya penyelamat di dalam rumah karena dapat mangalirkan udara sejuk dan menciptakan kenyamanan di dalam rumah bagi si kecil. Namun, sebagai orang tua pastinya pertanyaan ini pun pernah terbersit di pikiran Anda. Amankah penggunaan AC untuk anak-anak dan bayi?

Jawabannya, aman asalkan Anda memilih dan menggunakan AC dengan bijaksana. Ikuti tips pemilihan dan penggunaan AC yang aman dan nyaman buat si kecil sebagai berikut.  

1. Atur suhu menjadi suhu ruang yang ideal

Anak-anak dan bayi masih sangat peka terhadap perubahan suhu di lingkungan sekitarnya karena belum sempurnanya pertumbuhan berbagai fungsi tubuh. Oleh karena itu pengaturan suhu sangat penting agar mereka terhindar dari gangguan kesehatan. Suhu sebaiknya diatur menjadi suhu ruang yang ideal yaitu 24-26 derajat Celcius.

2. Hindari paparan langsung hembusan AC

Atur kemiringan vane yang menjadi celah keluarnya udara sehingga hembusan angin sejuk yang keluar dari AC tidak langsung menyemprot ke tubuh anak saat tidur. Sebaiknya hembusan AC dari vane diarahkan ke langit-langit kamar. Pengaturan ini bisa dilakukan menggunakan remote control AC. Tapi memang harus sabar karena perlu usaha berkali-kali menekan tombol pengaturan.

Dengan AC inverter LG Dual Cool and tidak perlu khawatir. Berkat fitur Comfort Air pada AC ini, Anda hanya perlu menekan satu tombol pada remote control untuk mengatur kemiringan vane. Tombol Comfort Air tersebut akan secara otomatis mengarahkan vane ke langit-langit ruangan.

Menekan tombol dua kali akan otomatis mengarahkan hembusan AC inverter ini ke bawah. Dengan adanya fitur ini membuat pengaturan menjadi lebih mudah daripada AC inverter atau konvensional pada umumnya. Si kecil pun lebih nyaman dan sehat.

3. Pilih AC dengan fitur pendukung kesehatan

Polusi dan zat berbahaya yang tak kasat mata tetap bisa mencemari udara di dalam rumah. Oleh karena itu Anda sebaiknya memilih AC dengan fitur pendukung kesehatan. Beberapa produsen telah menyediakan produk AC dengan fitur kesehatan yang melindungi keluarga dari bahan berbahaya, bakteri, virus, debu, hingga memiliki kemampuan menetralisir debu.

Bagi Anda yang saat ini tengah berencana mengganti AC di rumah dan bingung memilah produk yang terbaik untuk seluruh keluarga, cobalah pilih AC dengan jenis inverter seperti AC inverter LG Dual Cool Series.

AC inverter ini memiliki karakteristik yang sesuai untuk menghadirkan kenyamanan di rumah. Terutama bagi Anda yang sedang memiliki anak balita dan bayi. AC LG Dual Cool Series menawarkan fitur pendukung kesehatan yang lengkap seperti ionizer, filter debu, dan fitur auto cleaning.

Ionizer akan membantu sterilisasi udara dari bakteri dan bau. Selain itu juga menjaga kelembaban kulit alami seluruh anggota keluarga. Fungsi ionizer ini akan dimaksimalkan lagi dengan kehadiran filter terhadap debu dan bakteri. Sementara fitur auto cleaning akan memungkinkan AC secara otomatis membersihkan bagian dalam secara berkala. Dengan demikian bakteri dan jamur tidak akan singgah di AC.

4. Pilih AC yang tidak bising

Bayi dan anak-anak sangat sensitif terhadap suara berisik. Agar kualitas istirahat si kecil lebih maksimal pilih AC yang senyap saat dioperasikan. Namun, Anda harus teliti karena tidak semua AC senyap. Semakin senyap AC dalam pengoperasiannya, semakin mendukung untuk kualitas tidur yang baik.

Meskipun beberapa pabrikan AC telah memasang informasi ini pada label produknya, tak mudah memang membayangkan tingkat kebisingan yang biasanya disajikan dalam ukuran desibel (dB). Sedikit panduan bagi Anda, ukuran 36 dB merupakan tingkat kebisingan yang biasa ditemui pada sebuah perpustakaan. Sementara pada kebanyakan AC konvensional berkisar 32 dB. 

Berbeda dari AC inverter lain, AC inverter LG Dual Cool Series sangat senyap sehingga istirahat si kecil tidak akan terganggu. AC inverter LG Dual Cool Series memiliki tingkat kebisingan 18 dB. AC inverter LG ini benar-benar meminimalisasi gangguan bunyi saat pengoperasian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com