Advertorial

Menko PMK Tinjau Kesiapan Fasilitas Asian Games 2018

Kompas.com - 22/10/2017, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau kesiapan berbagai sarana dan prasarana menjelang Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (20/10/2017) siang.

Puan melakukan kunjungan di sejumlah fasilitas seperti Stadion Gelora Bung Karno, Istora Basket, Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor, Lapangan Softball, hingga Stadion Madya.

"Agenda hari ini melihat persiapan Asian Games apakah sudah sesuai jadwal apa belum. Tapi alhamdulilah sudah slesai. Mulai November lapangan GBK bisa selesai," ujar Puan dalam konferensi pers.

Terkait pemeliharaan dan pemanfaatan, Puan menyebutkan fasilitas yang ada akan siap pada akhir Desember. Ia menilai pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut berlangsung secara signifikan.

"Kita bisa lihat sama-sama persiapannya sudah sesuai target. Ini sudah hampir 90 persen. Tinggal 10 persen lagi," katanya.

-- -

Puan berharap agar beragam fasilitas untuk kepentingan publik yang nantinya akan menyaksikan ajang olahraga ini bisa terselesaikan dengan memerhatikan aspek keamanan dan kenyamanan.

"Tiang-tiang belum, kursi-kursi belum diperbaiki sepenuhnya, VIP area juga belum diselesaikan. Fasilitas publik juga harus diselesaikan cepat. Kita akan cek satu-satu tentunya," ujar Puan.

Puan turut memastikan bahwa fasilitas yang ada nantinya akan memiliki sertifikasi standar internasional dan akan terus dirawat pasca Asian Games usai agar tidak terbengkalai. Hal itu ditujukan agar fasilitas di kompleks GBK nantinya bisa dimanfaatkan oleh beragam kegiatan lainnya setelah Asian Games.

Puan juga mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda Olahraga serta lembaga terkait lainnya untuk memperbaiki prestasi para atlet dalam menghadapi Asian Games. Puan tak ingin prestasi atlet tidak memenuhi target seperti yang terjadi dalam SEA Games lalu.

"Kita masih punya waktu untuk mengejar prestasi atlet kita. Kita fokus ke sana, nanti juga akan mellibatkan dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia dan pihak lainnya ini, kita juga akan kumpulkan," pungkasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com