Advertorial

China Terima Pembayaran Transaksi dengan Senyuman

Kompas.com - 24/10/2017, 09:58 WIB

Tren transaksi tanpa tunai (cashless) telah menjadi gaya hidup masyarakat, baik di Indonesia maupun di negara lain. Kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi menjadi  alasan utama uang elektronik begitu populer.

Tidak hanya bentuk transaksinya yang berubah, medium pembayaran pun semakin variatif.  Jika di Indonesia uang elektronik tertuang dalam bentuk kartu, masyarakat China sudah dapat bertransaksi cashless dengan senyuman.

Masyarakat Tiongkok, khususnya di Hangzhou, kini dapat melakukan pembayaran di gerai restoran cepat saji KFC hanya dengan tersenyum. Inovasi ini merupakan hasil kerja sama antara KFC dengan Alipay, alat bayar milik Alibaba. Sistemnya mampu mengiddentifikasi identitas konsumen melalui senyumannya. Hal ini mungkin dilakukan berkat pengembangan kamera 3D berteknologi tinggi.

Selain KFC, Alibaba juga berkerja sama dengan Yum China yang merupakan salah satu perusahaan investasi Alibaba. Menurut Presiden Yum China, Joey Wat, inovasi ini berjalan seiring dengan kemajuan generasi muda di Tiongkok yang semakin lekat dengan internet. Meskipun demikian, untuk kemanan tambahan, konsumen tetap harus memasukkan nomor ponsel mereka.

Menurut sebuah survey, masyarakat Tiongkok pun mengakui bahwa mereka sudah nyaman bertransaksi tanpa uang tunai. Mereka senang mencoba hal baru dan menikmati sensasi yang mereka alami. Karenanya, inovasi transaksi tanpa tunai pun semakin beragam dan disambut dengan antusias.

Antusiasme ini dibuktikan dengan predikat Tiongkok sebagai negara dengan pengguna uang elektronik terbanyak di dunia. Survei lain membuktikan bahwa masyarakat Tiongkok hanya membawa uang tunai tak lebih dari Rp 200 ribu seminggu.

Selain karena kemudahannya, faktor eksternal pun turut mempengaruhi penetrasi uang elektronik. Salah satu pendukungnya adalah pertumbuhan e-commerce yang pesat dengan berbagai produk yang dijual. Selain itu, terbukanya akses internet ke pedesaan pun menyebabkan penetrasi ini semakin mudah.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com