Advertorial

Jangan Salah, CV dan Resume Adalah Dua Hal yang Berbeda

Kompas.com - 25/10/2017, 17:49 WIB

Setiap Anda melihat lowongan pekerjaan, Curriculum vitae (CV) dan resume adalah dua hal yang akan diminta pertama kali. Dua hal ini memang punya peran penting. Sayangnya, tak sedikit yang bingung membedakan keduanya.

Untuk itu, Jobstreet memberikan informasi perbedaan CV dan resume. CV merupakan istilah Latin dari ‘cerita kehidupan’. Karena itu CV harus berisi gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi dan prestasi, terutama hal terkait akademisi.

Kamu juga bisa mengisi CV dengan beragam informasi pribadi seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tanggal lahir, hingga foto. Sedangkan resume adalah dokumen berisi ringkasan singkat mengenai keterampilan, kualifikasi dan pendidikan seseorang.

Resume ibarat iklan cepat dan terarah berisi informasi siapa dirimu. Resume juga berisi iklan mengapa kamu adalah individu terbaik untuk posisi yang kamu lamar. Jadi, bila CV memberi gambaran kronologis mendalam kehidupan karier seseorang, resume adalah medium untuk iklan diri.

Bentuk penulisan CV umumnya tidak mengalami perubahan. Perubahan hanya berupa penambahan pencapaian baru. Sedangkan bentuk resume, bisa disesuaikan aplikasi pekerjaan tertentu.

CV biasanya berisi minimal dua halaman. Sedangkan resume cukup satu halaman. CV banyak digunakan di kawasan Eropa (seperti Inggris, Irlandia) dan Selandia Baru. Sedangkan resume banyak dipakai di Amerika Serikat dan Kanada.

Meski demikian, di Australia, India, Afrika Selatan, dan sebagian besar negara Asia, CV dan resume digunakan bersama. Bedanya, resume lebih sering dipakai untuk pekerjaan di sektor swasta, dan CV untuk posisi layanan publik.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com