Advertorial

Tips agar Pengeluaran Saat Jalan-jalan di Luar Negeri Tidak Keluar dari Budget

Kompas.com - 27/10/2017, 12:06 WIB

Liburan di luar negeri memang menyenangkan. Anda bisa mengeksplorasi banyak hal dan memperoleh pengalaman baru. Mulai dari berkenalan dengan budaya setempat, mencicip kuliner yang khas, hingga merasakan keramahan khas negara destinasi liburan Anda.

Namun, sebelum mewujudkan impian liburan di luar negeri sebaiknya Anda mengetahui satu tantangan yang dihadapi banyak traveller ini. Pengeluaran saat jalan-jalan yang melebihi perencanaan budget!

Memang, jalan-jalan di luar negeri membuat hati senang. Akhirnya Anda pun mudah sekali mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak direncanakan. Tidak terasa uang yang dibawa habis sebelum waktunya. Tidak mau mengalami kejadian ini? Ikuti tips berikut.

1. Beli perlengkapan penting di tanah air

Perlengkapan yang penting dan dibutuhkan selama liburan di luar negeri sebaiknya dibeli di tanah air. Misal, jaket atau coat yang dibutuhkan jika Anda jalan-jalan di negara dengan iklim sejuk, obat-obatan, sepatu, dan sebagainya. Selain membuang waktu berharga saat liburan, Anda tidak punya gambaran berapa harga barang-barang tersebut di negara tujuan. Jika tahu pun kemungkinan Anda salah memperhitungkan kurs juga bisa terjadi.

2. Batasi belanja dan penggunaan kartu kredit

Buat daftar barang-barang apa saja yang memang ingin Anda incar di negara tujuan. Sesampainya di negara tujuan, jangan lapar mata dan membeli ini itu. Pertimbangkan dengan bijak sebelum belanja. Cari juga alternatif oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat yang hemat tetapi pantas. Satu hal lagi yang paling penting, batasi penggunaan kartu kredit agar tidak dirundung utang seusai liburan.

3. Atur pengeluaran makan

Alokasikan 20 persen dari budget liburan untuk biaya makan di negara tujuan. Sebisa mungkin Anda harus membatasi agar biaya makan dan jajan tidak lebih dari itu. Anda bisa mengatur dengan cara ini. Dalam satu hari usahakan hanya satu kali makan kuliner khas yang harganya agak mahal. Sesuaikan saja saat makan siang atau makan malam.

4. Bawa botol minum

Biaya air minum tidak terasa bisa menguras budget liburan Anda. Coba saja hitung, dalam sehari Anda minum berapa kali? Harga air mineral biasanya lumayan terasa mahal jika dihitung ke kurs rupiah. Oleh karena itu, bawa botol minum. Isi air di hotel atau hostel tempat menginap. Biasanya negara-negara maju juga memiliki keran untuk minum atau mengisi ulang air minum yang berlokasi di tempat strategis.

5. Beli paket data roaming

Ini paling penting jika Anda tidak ingin membeli kartu SIM dari operator di negara tujuan. Biasanya memang proses penggunaan SIM lokal di beberapa negara agak merepotkan bagi turis. Oleh karena itu beli paket data roaming dari Indonesia saja. Anda bisa menikmati fasilitas telepon internasional atau menggunakan internet tanpa harus takut tagihan data membengkak.

Saat ini beli paket data roaming sudah bisa dilakukan dengan cara praktis di Tokopedia. Situs jual beli online Tokopedia bekerja sama dengan berbagai operator seluler terkemuka di Indonesia untuk menyediakan layanan ini.

Cara belinya praktis dan mudah. Pilih operator yang Anda gunakan, paket roaming yang diinginkan, klik bayar. Bayarnya aman dan fleksibel. Bisa dengan transfer ATM, virtual account, kartu kredit atau debit, hingga tunai. Jika menggunakan fitur dompet elektronik Tokocash, Anda bisa menikmati promo dan potongan harga menarik untuk paket data roaming.

Platform online shopping Indonesia ini juga bisa menjadi teman Anda dalam mempersiapkan perjalanan ke luar negeri. Coba saja cari perlengkapan-perlengkapan yang Anda butuhkan untuk liburan di Tokopedia.

Liburan nyaman di luar negeri dimulai dari Tokopedia

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com