Advertorial

Semua Bisa Membuat Konten Digital Menarik dengan Cara Ini

Kompas.com - 27/10/2017, 17:00 WIB

Digitalisasi telah mengubah wajah persaingan dan pemasaran di dunia. Semua pelaku usaha baik individu maupun perusahaan melakukan berbagai cara untuk mencuri perhatian konsumen. Salah satu cara jitu untuk memenangkan persaingan digital ini adalah tentu dengan menyodorkan konten digital yang menarik.

Konten digital bukan sekadar soal informasi, tapi juga soal bagaimana penyajiannya. Penggunaan konten digital ini pun sangat berguna bagi pemilik usaha. Namun sebelum mulai membuatnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konten digital yang dibuat bisa menarik perhatian warganet.

Keahuilah bahwa cerita dan profil mengenai pemilik usaha dan kepribadiannya jauh lebih menarik untuk disimak. Tak semua orang akan langsung tertarik jika langsung dipaparkan informasi tentang perusahaan. Sebaliknya, tuliskan perasaan dan keinginan pribadi. Jangan lupa gunakan kata ‘saya’ atau ‘kita’ agar lebih akrab.

Untuk perkenalan awal, cobalah untuk bercerita soal pengalaman pribadi kepada warganet. Kisah-kisah yang menyentuh, pelajaran berharga, dan sumber inspirasi lainnya bisa mengundang reaksi dan membuka kesempatan untuk berinteraksi. Mereka pun bisa belajar dari pengalaman yang dibagikan dalam konten digital tersebut.

Kebuntuan ide adalah hal yang lumrah. Karenanya, tak perlu memaksakan diri untuk membuat konten jika memang belum ada hal yang ingin disampaikan. Daripada menyajikan konten yang hanya berisi pesan normatif, lebih baik tunggu inspirasi datang dan racik ulang ide yang akan dituangkan. Konten yang relevan dan berisi niscaya akan menumbuhkan loyalitas pembacanya.

Membuka diri kepada warganet adalah bagian dari proses pembuatan konten digital yang menarik. Salah satu topik lain yang bisa diulas dalam konten digital adalah permasalahan sehari-hari. Ceritakan kepada pembaca tentang sebuah masalah dari sudut pandang pribadi dan bagaimana sikap serta pendapat mengenai isu tersebut.

Selain narasi yang baik, jangan lupa untuk melengkapi konten digital dengan unsur visual yang menarik. Perhatikan pula susunan dan penataan tampilan konten agar nyaman dilihat. Hal terakhir dan terpenting yang harus diperhatikan adalah konsistensi. Proses kreatif dalam mebuat konten tidak selalu langsung membuahkan hasil. Karenanya, diperlukan komitmen dan disiplin agar profil digital yang baik bisa dibangun.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com