Advertorial

Besok Sudah Tidak Ada Lagi Transaksi Tunai di Tol

Kompas.com - 30/10/2017, 18:50 WIB

Jasa Marga secara resmi mengumumkan bahwa pada 31 Oktober 2017, pihaknya menghentikan penerimaan pembayaran biaya tol menggunakan uang tunai. Dengan kata lain, besok sudah tidak lagi ada transaksi tunai di pintu tol.

"Implementasi 100% layanan transaksi nontunai di jalan tol bakal berlaku secara keseluruhan pada 31 Oktober," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

Selain demi mewujudkan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), pembayaran nontunai di gerbang tol sendiri menawarkan banyak keuntungan. Mulai dari transparansi dalam transaksi sehingga tidak ada kesalahan dalam pengembalian uang kembalian.

Transaksi juga tentunya jadi menjadi lebih mudah karena cukup dengan menempelkan kartu uang elektronik seperti Flazz dari BCA, kemudian kartu tersebut bisa dipakai di semua gerbang tol. Namun hal terpenting adalah pembayaran nontunai ini diyakini mampu meminimalisasi kemacetan di tol serta mengurangi sampah kertas dari struk bayar tol.

Bila belum memiliki kartu uang elektronik ini, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Untuk Flazz, kamu bisa datang ke kantor cabang BCA, stan penjualan Flazz, MyBCA, BliBli.com dan merchant tertentu. Sedangkan untuk isi ulangnya, kamu bisa melakukannya di cabang BCA, EDC BCA, merchant flazz, stan penjualan Flazz dan MyBCA.

Sebagai informasi, Flazz saat ini bisa dipakai di gerbang beberapa ruas tol, antara lain ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta-Cikampek, Purbaleunyi, Cikopo-Palimanan (Cipali), Makassar, Surabaya-Gresik, dan Waru-Juanda.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com