Advertorial

Pembalap Muda Galang Hendra Pratama Bersaing di World Supersport 300 Spanyol

Kompas.com - 31/10/2017, 19:52 WIB

Bidang olahraga Indonesia beberapa tahun ini mulai kembali bangkit. Hal ini dibuktikan dengan sederet prestasi atlet-atlet muda Indonesia di sejumlah ajang olahraga internasional.

Dimulai dari keikutsertaan pembalap muda Rio Haryanto dalam ajang Grand Prix F1 di 2016, kemudian berlanjut ke perolehan emas Indonesia di Olimpiade Rio 2016. Indonesia melalui cabang olahraga bulutangkis.

Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir menyabet emas pertama di ajang tersebut. Prestasi kemudian disusul oleh atlet-atlet lainnya yaitu Sri Wahyuni meraih medali perak di cabang olahraga angkat besi. 

Di ajang SEA Games Kuala Lumpur 2017 prestasi atlet-atlet Indonesia dibuktikan dengan perolehan emas dari Lindswell Kwok di cabang wushu, Muhamad Nauval Mahardika di cabang menembak, dan I Gede Siman Sudartawa di cabang renang.

Belum lama ini Indonesia juga dibuat bangga oleh prestasi pembalap mudanya di seri pamungkas World Supersport 300. Galang Hendra Pratama, pembalap muda Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah balap internasional, menjuarai seri balapan yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez, Spanyol tersebut.

Pemuda kelahiran Yogyakarta, 10 Maret 1999 ini boleh dikatakan cukup piawai. Sebelumnya, Galang berhasil menunjukkan performa mantap dengan naik podium teratas di gelaran Asia Road Racing Championship 2017 (AARC 2017).

Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berkumandang di Sirkuit Madras, Chennai, India tempat AARC 2017 diselenggarakan.

Melihat rekam jejak prestasinya tersebut Yamaha memutuskan kembali menurunkan Galang Hendra untuk berkompetisi di ajang pamungkas World Supersport 300 yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Galang dalam ajang tersebut kembali menggunakan motor Yamaha YZF-R3-nya.

“Yamaha memberi kesempatan bagi Galang Hendra untuk kembali berkompetisi di World Supersport 300 karena ia memiliki potensi besar. Kami melihatnya saat persiapan menuju World Supersport 300 sebelumnya di Portugal dan saat ia balapan di berbagai ajang,” ujar M Abidin, GM After Sales dan Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Abidin juga mengatakan Yamaha memang sangat berharap Galang, bersama YZF-R3, bisa mendapatkan hasil maksimal di Sirkuit Jerez.

Kembali dipilihnya Galang Hendra untuk adu cepat di World Supersport 300 Spanyol sesuai harapan para penggemarnya. Mereka menantikan Galang kembali tampil di ajang balap kelas dunia.

“Terima kasih kepada Yamaha yang memberikan kesempatan lagi kepada saya untuk balapan di World Supersport 300. Saya juga terima kasih kepada semua fans yang terus memberi support. Dukungan kalian menguatkan mental saya,” ujar Galang Hendra.

September 2017 lalu, Galang sempat diturunkan dalam ajang World Supersport 300 di Sirkuit Portimao Portugal. Ia tampil perdana dengan YZF-R3 dan berhasil menunjukkan performa maksimal di latihan bebas.

Ia menduduki posisi ke-6 dan meraih top speed terbaik. Hasil grid start ke-10 berdasarkan hasil Superpole yang diikuti 37 starterjuga maksimal. Sayang, pembalap muda yang sempat mengikuti pembinaan dari Valentino Rossi ini mengalami kendala elektronik saat race day hingga tidak dapat menyelesaikan lomba.

“Meski tidak finish tapi saya cukup mampu bersaing dengan pembalap yang lain. Karena itu di Jerez saya berupaya semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil terbaik," kata Galang sebelum memulai kompetisi di Jerez, Spanyol.

World Supersport 300 adalah bagian dari rangkaian World Superbike 2017. Seri balap ini dilangsungkan dalam sembilan putaran di beberapa negara Eropa. Sirkuit Jerez yang ditaklukkan oleh Galang memiliki panjang total 4.423 meter.

Sirkuit yang kerap menjadi tempat penyelenggaraan ajang World Superbike dan MotoGP ini memiliki 13 tikungan. Delapan ke kiri dan lima ke kanan.

Seri World Supersport 300 di Jerez adalah putaran ke-9 alias pamungkas dari keseluruhan rangkaian ajang balap tersebut. Di sirkuit Jerez ditentukan siapa yang berhak menjadi juara dunia.

Di ajang ini Galang bersaing dengan sesama pembalap muda lainnya. Termasuk dua pembalap dengan Yamaha YZF-R3 yaitu Marc Garcia asal Spanyol dan Alfonso Coppola asal Italia yang menduduki dua posisi teratas dalam klasemen sementara. Keduanya hanya berselisih empat poin.

Galang Hendra yang tergabung di Yamaha Blu Cru terbukti dapat menunjukkan performa terbaik, lebih kompetitif, dan memberikan hasil yang memuaskan. Lihat kilas balik aksinya di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com