Advertorial

Trik Jitu dari BCA Agar Bisnis Bisa Tetap Untung di Pasar Global

Kompas.com - 02/11/2017, 08:25 WIB

Memulai sebuah bisnis memang banyak tantangannya, dan tentu saja setiap bisnis tidak bisa langung besar dalam semalam. Namun kalau Anda terus menekuninya, bisnis Anda bisa terus mengalami pertumbuhan dan pangsa pasar mulai merambah pasar internasional.

Pada saat ini, tentu tantangan selanjutnya adalah menjaga agar bisnis bisa terus berkelanjutan dan untung.

Setiap bisnis yang baik, pasti selalu memperhitungkan selisih harga produksi dan harga jual. Jika membangun toko fisik, maka yang termasuk ke dalam beban produksi seperti listrik, sewa bangunan, dan lainnya.

Berbeda dengan bisnis yang memiliki toko fisik, pada toko daring (online) biaya yang timbul adalah biaya iklan, optimalisasi iklan digital, dan sebagainya. Karena itu biaya pendirian bisnis daring biasanya lebih murah.

Selain itu bisnis daring juga memungkinkan untuk masuk pasar global. Berkat bantuan internet, konsumen potensialnya tak hanya berasal dari lokal saja, juga luar negeri.

Apabila bisnis tersebut sudah masuk pasar internasional, hal pertama yang akan dihadapi adalah banyaknya transaksi yang menggunakan valuta asing (valas). Ini tentunya akan memberikan tantangan tersendiri, sebab pengusaha harus mulai memperhitungkan perbedaan nilai tukar mata uang yang ada.

Transaksi menggunakan valas berhubungan erat dengan kurs yang selalu berubah-ubah setiap saat, dan bisa terjadi secara langsung. VP Treasury PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Lian Lubis mengatakan bahwa bisnis dengan valas belum tentu hitungannya sama dengan transaksi dengan rupiah.

“Untung rugi bisa dipengaruhi kurs yang terus berubah-ubah. Artinya, kurs penting untuk bisnis internasional,” katanya.

BCA ingin membantu memberikan solusi yang menguntungkan bagi kamu yang memiliki bisnis seperti itu. Bagi kamu yang sering bertransaksi dengan kurs mata uang asing di jam kerja (08.00-15.00), bisa menggunakan transaksi TT Counter, dan Bank Notes di cabang. Namun, bila kamu adalah tipe pebisnis yang kerap melakukan transaksi di luar jam kerja atau sering mobile karena keterbatasan waktu, e-Rate BCA bisa menjadi solusi.

Sebagai informasi, kurs e-Rate bersifat real time dan bisa dilihat di kanal elektronik (e-Channel) BCA seperti BCA mobile, KlikBCA Individu, KlikBCA Bisnis, dan ATM BCA. Pemanfaatan e-Rate di BCA mobile, KlikBCA Individu, KlikBCA Bisnis, dan ATM BCA bisa menjadi solusi efektif untuk Anda.

Menariknya lagi, BCA juga menambahkan fitur baru dalam aplikasi BCA mobile berupa pengubahan mata uang selain IDR (rupiah) di menu transfer. Tentu ini akan sangat memudahkan transaksi bisnismu. Keuntungan lain menggunakan e-Rate, kamu bisa lebih hemat waktu. Sebab, transaksi bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja karena sifatnya elektronik.

Sebagai informasi, untuk pengguna KlikBCA Individu, saat ini bisa menggunakan dua kurs mata uang asing yaitu USD dan SGD.

Jika kamu menggunakan mata uang selain itu, kamu bisa menggunakan fasilitas KlikBCA Bisnis yang menyediakan 14 mata uang dengan kurs e-Rate yang lebih kompetitif termasuk USD, SGD, HKD, CHF, GBP, AUD, JPY, DKK, CAD, EUR, SAR, NZD, CNY, dan SEK.

Selamat mencoba.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com