Advertorial

Agar Direkrut Sebagai Karyawan, Baca Ide Kreatif untuk Menarik Minat Perusahaan Berikut

Kompas.com - 03/11/2017, 11:30 WIB

Jika Anda tengah mencari pekerjaan baru dan belum mendapatkannya hingga saat ini, jangan menyerah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik minat perusahaan merekrut Anda. Kuncinya, Anda harus kreatif, menunjukkan potensi diri, dan jujur.

Seperti yang dilakukan oleh Richard Waddington. Pria asal Amerika Serikat ini sudah bekerja selama 10 tahun di sebuah perusahaan. Selain jenuh, ia merasa dirinya harus keluar dari zona nyaman dan berkembang. Akhirnya ia pun mulai mencari pekerjaan baru.

Namun, karena sudah lama tidak menjalani wawancara, Richard merasa stres. Ia tidak yakin dirinya bisa kembali melalui serangkaian wawancara kerja dengan percaya diri. Suatu hari putrinya yang masih kecil memberi sebuah boneka sapi sebagai jimat keberuntungan.

Ketika pertanyaan apakah dirinya adalah orang yang cocok untuk mengisi posisi pekerjaan yang dilamar datang dari pewawancara, Richard pun menjawab dengan jujur dan apa adanya.  “Saya punya sapi di saku saya,” katanya. Kemudian ia mendudukkan sapi kecil itu di meja. Perekrut pun tertawa dan Richard mendapat posisi yang ia inginkan.

Cara lainnya adalah menunjukkan keahlian Anda. Contohnya seperti yang dilakukan Alexander Velicky . Ia menghabiskan dua ribu jam untuk mengembangkan modifikasi (mod) untuk salah satu game buatan Bethesda Softworks, yaitu Skyrim.

Game bernama Falskaar ini ia buat bersama 100 temannya dan memiliki 25 jam permainan dan latar musik orisinal. Karena game ini, pesaing Bethesda, Bungie, pun akhirnya menawarinya pekerjaan sebagai Associate Designer.

Terakhir, jangan segan melakukan hal spontan. Misalnya seperti David Germanico. Di tengah wawancara untuk posisi sales, ia diminta menjual Nokia ‘bata’ pada perekrut. David akhirnya panik dan mencari-cari alasan agar orang mau membeli ponsel lama yang tak memiliki akses internet, aplikasi keren dan tidak ada kamera.

Kemudian, David punya ide spontan. “Ponsel ini kuat sekuat paku! Saya tantang Anda melakukan hal ini dengan ponsel lain!,” kata David sambil melempar ponselnya ke arah tembok. Ponsel tersebut selamat dan malah meninggalkan bekas penyok di tembok. David pun akhirnya mendapat pekerjaan itu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com