Advertorial

Maumere Jazz Fiesta Flores 2017: Festival Jazz di Perbukitan

Kompas.com - 03/11/2017, 18:27 WIB

Sukses dengan penyelenggaraan Maumere Jazz Fiesta Flores (MJFF) yang pertama tahun lalu, Yayasan Bapa Bangsa bersama WartaJazz sebagai pengagas, kembali menggelar Maumere Jazz Fiesta Flores 2017 untuk kali kedua.

Pilihan lokasi kegiatan kali ini tak terlalu jauh dari pusat kota yaitu Gastrack Wairita - kesisi sebelah timur kota Maumere, ke arah Larantuka - yang merupakan lokasi yang biasanya digunakan untuk balapan motorcross.

Pemandangan yang kali ini ditawarkan berupa sunset alias matahari terbenam dengan pemandangan laut dan pulau sebagai daya tarik.

Acara telah berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu, 27-28 Oktober 2017 lalu dengan penampil, antara lain Krakatau Reunion, yang personilnya terdiri dari Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Pra Budi Dharma, Donny Suhendra, Trie Utami, dan Gilang Ramadhan.

Selain itu, hadir pula biduanita Ruth Sahanaya dan Monita Tahalea. Kelompok accapela Jamaica Cafe, dan grup reggae asal Bali yang berkolaborasi dengan vokalis asal Ghana, Soul Rebel feat Afro Moses. Melengkapi lineup ini, ada Yopie Latul dan grup Maumere yang menyuguhkan Musik Tradisi Sikka Tawa Tana dengan penampilan bersama gitaris sekaligus vokalis Ivan Nestorman yang juga berasal dari Flores.

"Saya bersyukur dengan respon yang diberikan masyarakat tahun lalu," demikian ujar Melchias Markus Mekeng tokoh masyarakat Maumere yang juga pendiri Yayasan Bapa Bangsa. "Oleh karenanya, Maumere Jazz Fiesfa Flores kita lanjutkan agar daerah ini semakin dikenal melalui potensi budaya dan wisatanya, sehingga daerah dan masyarakat Kabupafen Sikka mendapatkan manfaat langsung dan tak langsung," tambahnya.

Sementara itu Festival Director, Agus Setiawan Basuni dari Warta Jazz mengungkapkan bahwa kali ini Festival menawarkan kepada para pengunjung dan masyarakat, dapat melihat suasana sunset plus hiasan lampion di area Grass Track yang berlokasi di perbukitan. "Kami juga hadirkan grup reggae plus musisi dari luar negeri, karena ini menjadi ciri khas festival jazz ini," imbuhnya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan mendukung pelaksanaan festoval jazz ini, sebagai upaya mendorong perkembangan seni tanah air.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat ikut mendukung pelaksanaan Maumere Jazz Fiesta Flores 2017. Dukungan ini merupakan salah satu bentuk implementasi program Bakti BCA dalam upaya mendorong perkembangan seni budaya dan pariwisata di tanah air. Kami harap Maumere Jazz Fiesta Flores 2017 selain dapat menyuguhkan hiburan bagi pecinta jazz dan masyarakat Maumere secara umum, ajang ini juga dapat menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan pariwisata Maumere baik di Indonesia maupun luar negeri.

Menyebut nama Maumere, tentu konotasi yang masih muncul di kebanyakan benak orang adalah Papua, padahal ibu kota dari Kabupaten Sikka ini terletak di Pulau Flores provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah terkena tsunami pada tahun 1992, praktis tak banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan mengenal nama Maumere. Padahal, terumbu karang di sekeliling Teluk Maumere pernah disebut-sebut sebagai salah satu spot diving yang terbaik di dunia.

Memperkenalkan kembali "Maumere" merupakan salah satu tujuan dari kegiatan Maumere Jazz Fiesta Flores 2017. Beragam alasan lain dikemukakan agar para wisatawan bersedia untuk datang dan menikmati keindahan budaya.

Maumere Jazz Fiesta Flores 2017 didukung oleh BCA, PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, juga berpartisipasi adalah Bank Bukopin, Indonesia Exim Bank, PT. PP (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Bursa Efek Indonesia, serta difasilitasi oleh Capa Resort Maumere Managed by Sahid.

Acara ini digagas oleh Yayasan Bapa Bangsa, Warta Jazz dan diorganisir oleh Jalamaya Productions. Informasi lebih lanjut tentang acara ini dapat dilihat di www.maumerejazz.com atau email ke info@maumerejazz.com dan maumerejazz@gmail.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com