Sorot

Meikarta Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Timur Jakarta

Kompas.com - 08/11/2017, 18:11 WIB

KompasProperti - Cikarang masih menjadi sasaran pengembang properti untuk mengembangkan bisnisnya. Selain memiliki sejumlah kawasan industri, letak Cikarang, Kabupaten Bekasi dinilai strategis karena berada di antara Jakarta dan Bandung.

Kemacetan yang tiap hari menjebak para pengendara di jalan tol Jakarta-Cikampek tak akan bertahan lama. Sebab, jalan tol melayang Jakarta-Cikampek II akan segera rampung tahun depan.

Kelancaran akses jalan Jakarta-Cikampek tentu akan berdampak besar pada masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bekasi, khususnya Cikarang. Seperti, para penghuni kota baru Meikarta yang bakal terbantu mobilitasnya.

Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli mengatakan, Meikarta dirancang sebagai kawasan hunian dan area komersial yang ditunjang dengan beragam fasilitas sosial ekonomi.

Baca: Berisi 900 Apartemen, Lippo Tutup Atap Dua Tower di Meikarta

Sejumlah infrastruktur yang sedang dan akan dibangun pemerintah bakal mempermudah mobilitas para penghuni apartemen Meikarta.

"Jadi kami bukan hanya membangun real estate, tetapi membangun kota dalam jangka waktu cepat sekali," katanya.

Pemerintah juga tengah merampungkan pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Jumat (3/11/2017) lalu.

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dirancang sepanjang 21,04 kilometer. Seksi I yang menghubungkan Casablanca-Jakasampurna memiliki panjang 11 kilometer. Sementara, seksi II yang menghubungkan wilayah Jakasampurna-Duren Jaya didesain 10,04 kilometer.

Presiden Joko Widodo (rompi merah) meresmikan ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo (rompi merah) meresmikan ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

Jalan tol yang sudah siap dioperasikan adalah seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan seksi 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati-Jakasampurna. Sementara untuk seksi 1A dan seksi 2 diperkirakan rampung konstruksinya pada pertengahan 2018. Jalan tol ini juga bisa diakses warga Cikarang menuju ibukota.

Bukan hanya jalan tol, warga Cikarang nantinya bakal menikmati kereta cepat Jakarta-Bandung, automated people mover (APM), dan light rapid transit (LRT).

Bahkan, para pebisnis yang berkantor di Cikarang tak lagi harus mengirim barang dari Pelabuhan Tanjung Priok. Saat ini, pemerintah tengah membangun Patimban Deep Seaport di Subang yang lebih mudah diakses dari Cikarang.

Potret perkembangan pembangunan terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (24/2/2017). Bandara seluas 1.800 hektar itu ditargetkan sepenuhnya beroperasi Juni 2018.KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI Potret perkembangan pembangunan terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (24/2/2017). Bandara seluas 1.800 hektar itu ditargetkan sepenuhnya beroperasi Juni 2018.

Perjalanan ke luar kota maupun luar negeri bagi penghuni apartemen Meikarta pun tak lagi mesti ditempuh dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Pada Februari 2018, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka rencananya mulai beroperasi.

Adanya infrastruktur yang menunjang pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat itu, kota baru Meikarta bakal menjadi hub sekaligus pusat pemukiman, ekonomi, dan industri sekaligus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com