Advertorial

Jaga Hubungan dengan Konsumen, Kunci Sukses Bisnis

Kompas.com - 09/11/2017, 14:00 WIB

Sebagai seorang pemilik bisnis, konsumen merupakan fokus utama. Bukan hanya konsumen baru, konsumen lama yang loyal juga menjadi penting bagi para pebisnis.

Oleh sebab itu, menjaga hubungan baik dengan mereka merupakan kunci kesuksesan bisnis. Anda pun bisa melakukannya dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara untuk menjaga hubungan dengan konsumen seperti dilansir Inc-Asean.

Lakukan Pembelian Balik

Bila konsumen Anda juga merupakan pengusaha, belilah produknya. Hal ini akan menunjukkan kepedulian, empati, dan penghargaan pada mereka. Tentunya, hal ini akan menguntungkan bagi bisnis untuk jangka panjang.

Kado Barang Bermerek atau Berkualitas

Konsumen yang loyal bisa menjadi kunci ekspansi bisnis. Mereka bisa mereferensikan layanan dan produk yang Anda miliki pada orang lain agar lebih mudah melakukan akuisisi konsumen. Untuk jasa ini, Anda tak perlu terlalu perhitungan. Balas jasanya dengan mengirim sesuatu yang berharga untuk mereka.

Beri Dukungan

Pendiri dan CEO Crush the CPA Exam Bryce Welker menyebutkan, kunci hubungan baik konsumen-pemilik bisnis adalah pemberdayaan. Karena itu, dia menyarankan untuk secara aktif memberi penilaian berharga atau rekomendasi terbaik pada mereka. Makin dekat hubungan Anda, bisnis menjadi semakin terkait dan tak mudah diputuskan.

Tawarkan Potongan Harga

Dalam bisnis, jangan hanya mementingkan keuntungan. Untuk konsumen yang sudah loyal selama setahun misalnya, berikan diskon atau layanan tambahan gratis.

Ingat Ulang Tahunnya

Mengingat ulang tahun konsumen dan mengirim kado juga penting. Hal ini akan memberi kesan positif pada mereka. Dalam tiap hubungan dengannya, jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Beri Informasi dan Panduan Gratis

Ketika Anda menginvestasikan pada konsumen, kamu harus siap membantu konsumen, termasuk membantu sukses. Bila Anda memiliki ilmu dan pengetahuan yang mumpuni, ajarkan pada mereka kiat dan trik mengembangkan bisnis melalui media sosial. Atau, Anda juga bisa mengajarkan perhitungan keuangan sederhana untuk bisnis mereka. (Adv)

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com