Advertorial

Mulai Berhemat dengan Empat Hal Berikut

Kompas.com - 09/11/2017, 19:00 WIB

Jika bulan lalu Anda merasa pengeluaran keuangan terlalu tinggi, mungkin kini saatnya berhemat. Salah satunya dengan mencatat seluruh pengeluaran harian. Dengan begitu, kemungkinan Anda bisa menghemat setidaknya 10 persen.

Lebih baik lagi Anda membuat rencana lebih rinci untuk pengeluaran tiap bulannya. Misalnya saja, untuk konsumsi 50 persen dari gaji, investasi dan tabungan 30 persen, serta biaya hiburan sebesar 20 persen.

Namun, jika perencanaan sudah rapi, tetapi masih bingung bagaimana memulainya, coba tilik beberapa hal berikut yang bisa menekan pengeluaran Anda, seperti dilansir dari smart-money.co.

Langganan Majalah atau Koran

Coba cek kembali besar tagihan koran dan majalah yang harus Anda bayar. Tanyakan pada diri sendiri, masihkah punya waktu untuk membacanya? Sekarang Anda bisa membaca berita lewat ponsel pintar.

Hal itu membuat langganan koran atau majalah menjadi kurang tepat. Kalau memang menginginkan koran atau majalan, langganan e-paper bisa jadi pilihan. Selain lebih ekonomis, ramah lingkungan juga.

Langganan di Pusat Kebugaran

Biaya keanggotaan di pusat kebugaran tidaklah murah. Itu akan menguntungkan bila Anda rajin olahraga, tetapi bila jarang, tentu menjadi bentuk pemborosan. Anda tak ingin menjadi 'donatur' tetap, bukan?

Jadi, coba pikirkan ulang. Ada banyak olahraga murah bisa dilakukan, seperti lari, senam atau berenang.

Langganan Internet, Telepon dan TV Kabel

Seringkali, ketiga layanan tersebut muncul dalam satu paket dengan harga 'murah'. Padahal belum tentu, Anda harus cek kembali kebutuhannya. Tanyakan pada diri sendiri, seberapa sering Anda menonton tv kabel atau menelepon?

Sebenarnya, kedua layanan itu bisa kamu dapatkan cukup dengan layanan internet. Jadi, Anda bisa menonton tv dengan streaming melalui internet atau menelepon menggunakan internet.

Demikian, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan saja. Anda akan terkejut dengan besar penghematan yang bisa  dilakukan.

Tagihan Listrik

Tagihan listrik memang bersifat tetap, tetapi bukan berarti tidak bisa dihemat. Bila Anda bisa menggunakan listrik dengan bijak, tagihan pun bisa dikendalikan. Misalnya dengan mematikan listrik bila tidak digunakan atau pada siang hari.

Kemudian gunakan AC ketika memang dibutuhkan saja, mulailah menggunakan alat elektronik dengan daya rendah dan lain sebagainya. (Adv)

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com