Advertorial

Ini Hari dan Waktu Terbaik untuk Memesan Tiket Pesawat Terbang

Kompas.com - 13/11/2017, 19:00 WIB

Membeli tiket pesawat untuk pelesir seolah-olah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi millenial. Salah satu karakteristik khas dari generasi ini adalah mereka cenderung menggunakan penghasilannya untuk membeli tiket dibanding memiliki rumah, mobil dan barang bermerek lain.

Nah, untuk kamu yang ingin pelesiran namun tetap ingin hemat, Expedia and Airlines Reporting Corporation membuat studi khusus dan menemukan jawaban terbaik kapan saat tepat membeli tiket pesawat.

Pesanlah tiket di hari Minggu

Dari hasil analisis data Januari-Oktober 2016, para peneliti melihat bahwa hari terbaik memesan tiket pesawat adalah Minggu. Hari terburuk adalah Jumat karena harganya lebih mahal.

Sebagian besar pelancong akan mulai melakukan pencarian harga tiket di akhir pekan. Harga tiket domestik katanya 11 persen lebih murah pada hari Minggu dibanding hari lain.

Harga tiket dari Amerika Serikat (AS) ke Eropa pada Minggu rata-rata lebih murah 16 persen. Penerbangan dari Eropa juga 30 persen lebih murah di hari Minggu dibanding hari lain.

Menginap di Sabtu

Hasil studi Expedia menyebutkan bahwa harga tiket perjalanan yang melewati Sabtu akan lebih murah. Di Eropa Selatan, rata-rata tiket di Sabtu lebih murah 57 persen.

Pesan tiket dengan strategi

CheapAir.com menyebutkan bahwa 2,9 juta perjalanan dalam setiap 54 hari adalah perjalanan domestik. Karena itu, pekan terbaik membeli tiket khususnya penerbangan domestik adalah pekan kedua atau ketiga tiap bulan.

Pergi di hari Selasa atau Rabu

Bila waktu terbaik memesan tiket adalah Minggu, maka waktu terbaik pergi adalah Selasa atau Rabu. Menurut studi CheapAir, tiket pesawat di hari itu adalah yang paling murah. Harga tiket paling mahal adalah Minggu.

Pantau fluktuasi harga tiket

Sebelum masa liburan harga tiket biasanya akan naik. Karena itu, President Airfarewatchdog George Hobica mengingatkan, nyalakan alat pengingat dan mulai lakukan browsing di beberapa situs pencari.

Salah satu laman yang bisa kamu gunakan adalah Airfarewatchdog dan Kayak yang akan terus melakukan monitor. Dua laman itu juga memiliki alarm yang dapat memberi peringatan ke surat elektronik atau SMS.

Jangan Membeli Tiket Melalui Tenaga Penjual

Bila kamu mendengar iklan suatu maskapai sedang menggelar diskon, jangan mudah tergiur. Itu hanya strategi penjualan. Sering kali, tiket-tiket pesawat justru dijual lebih murah di beberapa laman khusus penjualan tiket atau agen perjalanan.

Selalu lakukan pengecekan ganda sebelum membeli tiket. Dapatkan juga berbagai promo menarik dari BCA KlikPay, Sakuku, Klik BCA Individu, dan Kartu Kredit BCA.

Selamat berlibur.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com