Advertorial

Luas Hunian Terbatas, Maksimalkan 3 Ruangan Ini Agar Tetap Nyaman

Kompas.com - 17/11/2017, 10:26 WIB

Memiliki rumah dengan tipe minimalis ada enaknya, ada juga tidak enaknya. Di satu sisi rumah yang tidak terlalu luas perawatannya lebih mudah dan sederhana. Cocok untuk keluarga yang sibuk dan suka kesederhanaan.

Namun, di sisi lain rumah dengan luas terbatas bisa terasa sempit, membatasi ruang gerak, dan terasa sumpek jika salah menatanya. Nah, agar hunian tetap nyaman meski luasnya terbatas, ada cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam penataannya.

Ruang tamu, kamar tidur, dan dapur adalah tiga ruangan utama di dalam rumah. Agar rumah minimalis tetap nyaman, Anda bisa memaksimalkan penataan tiga ruang utama tersebut dengan tips-tips berikut.

1. Minimalisasi sekat

Prinsip utama untuk membuat ruang sempit terasa luas adalah dengan meminimalisasi sekat antar ruangan. Anda tidak perlu memisahkan ruang keluarga dengan ruang tamu karena sebenarnya bentuk dan fungsinya hampir sama. Sebagai pembatas ruang, manfaatkan furnitur.

Misal, bagian ruang yang berkarpet berarti adalah ruang keluarga, sementara ruang sisi ruangan yang ada sofa dan coffee table-nya adalah ruang tamu. Anda juga bisa memanfaatkan kaca bening sebagai sekat antara ruang utama rumah dengan dapur dan halaman belakang.

2. Pilih permainan warna yang tepat

Permainan warna yang tepat, termasuk pilihan kombinasi warna furnitur juga dapat membantu menciptakan kesan luas pada tiga ruang utama tersebut. Ada beberapa kombinasi warna ruangan dengan furnitur yang dapat membuat rumah minimalis terasa lega.

Cat ruangan dengan warna navy blue kemudian lengkapi dengan furnitur seperti sofa dan meja dengan warna putih dan abu-abu. Bisa juga dengan mengecat dinding dengan warna putih agar ruang terkesan luas dan terang, kemudian kombinasikan dengan furnitur beraksen kayu atau berwarna pastel.

Anda bisa juga memadukan dinding berwarna abu-abu atau warna cerah dengan furnitur beraksen kaca bening. Tambahkan karpet dengan motif garis lurus untuk memberi kesan panjang pada ruangan.

3. Perbanyak furnitur multifungsi  

Anda bisa memilih furnitur multifungsi untuk mengisi ruang tamu, dapur, dan ruang tidur. Misal di ruang tamu, pilih sofa yang sekaligus dapat berfungsi sebagai kabinet penyimpanan, atau yang sudah terintegrasi dengan coffee table.

Di ruang tidur Anda bisa memilih tempat tidur yang bagian bawahnya dapat berfungsi sebagai laci pakaian. Begitu juga di dapur, pilih kitchen set yang minimalis tetapi bisa juga berfungsi sebagai meja untuk menyajikan makanan, atau bahkan meja makan.

4. Perhatikan dimensi furnitur

Jangan pilih furnitur dengan ukuran terlalu besar jika ruangan yang ingin Anda isi luasnya terbatas. Pilih furnitur yang desainnya juga compact. Minimalisasi ornamen-ornamen yang ramai pada furnitur dan jangan banyak memajang hiasan seperti vas, figura meja, guci, dan ornamen dekorasi lain yang ukurannya besar. Pilih hiasan ruangan yang berdesain minimalis dan clean

Tidak perlu bingung mencari furnitur atau ornamen dekorasi dengan warna, desain, dan ukuran yang sesuai dengan rumah mungil Anda. Datang saja ke Informa, pusat furnitur dan aksesoris rumah terlengkap di Indonesia.

Saat ini Informa tengah menggelar promo Small Space Big Ideas.  Anda dapat menemukan beragam pilihan furnitur yang cocok untuk rumah minimalis, tetapi dengan desain yang apik dan tetap nyaman saat digunakan. Ditambah lagi harganya juga lebih hemat.

Misalnya saja seperti promo untuk Relax Sofa Stanza yang dapat berfungsi juga sebagai tempat tidur. Dari harga normal Rp 6.999.000, sepanjang promo Small Spaces Big Ideas sofa ini ditawarkan dengan harga spesial Rp 5.999.000.

Jika Anda adalah member Informa dan bertransaksi menggunakan kartu kredit BNI, Anda bisa memperoleh hadiah langsung kursi Ottoman Set Stooly. Member yang membayar menggunakan poin Informa juga bisa lebih hemat 100 persen.

Promo ini hanya berlangsung hingga 19 November 2017, jadi segera datang ke Informa! Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com