Advertorial

Pilih Gadget Tipis untuk Perjalanan Bisnis

Kompas.com - 20/11/2017, 10:33 WIB

Sekarang adalah eranya gadget. Dari daftar barang yang harus dibawa ke mana-mana, Perangkat elektronik tersebut bahkan lebih tinggi daripada dompet. Tidak heran, gadet pada masa kini memang bisa digunakan untuk banyak hal.

Smartphone saja kini perannya sudah bukan hanya alat komunikasi saja, beberapa produk terbaru sudah dilengkapi dengan fungsi kamera yang dapat menghasilkan gambar yang tidak kalah dari kamera profesional. Gadget lainnya seperti tablet dan laptop juga kemampuannya sudah tidak kalah dari desktop PC.

Fungsi gadget pun sekarang juga tidak terbatas untuk keperluan sehari-hari saja, tetapi fungsinya juga sudah masuk ke dalam keperluan profesional dan bisnis. Dua produk yang umum digunakan dalam keperluan profesional biasanya smartphone dan laptop.

Namun apakah smartphone dengan kamera depan yang memiliki resolusi super besar berguna untuk perjalanan bisnis Anda? Apakah laptop dengan kemampuan grafis yang mumpuni untuk memainkan game dengan resolusi tinggi memudahkan Anda untuk berpindah-pindah tempat dari satu meeting ke meeting lainnya?

Memilih gadget untuk keperluan bisnis, ada dua kriteria yang harus Anda perhatikan:

Fungsionalitas

Performa tentu saja jadi patokan kualitas gadget. Namun untuk kebutuhan perjalanan bisnis, ada beberapa fungsi yang harus Anda perhatikan, yaitu ketahanan baterai, dapur pacu, dan kapasitas memori internal. Ketahanan baterai menjadi hal paling penting, karena dalam urusan bisnis Anda sering kali bertemu dengan kondisi meeting di luar sehingga susah untuk melakukan pengisian daya.

Selanjutnya dapur pacu dan kapasitas memori internal sebetulnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi tidak ada salahnya memiliki dapur pacu yang kuat serta memori yang besar agar smartphone Anda tidak lambat dan nge-lag.

Kepraktisan

Mengingat dalam urusan bisnis Anda akan melakukan berbagai perjalanan dan meeting yang berpindah-pindah, kepraktisan juga menjadi kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih gadget. Laptop dengan performa tinggi tetapi dimensi dan bobotnya besar tentu saja akan mengganggu mobilitas Anda.

Tidak hanya itu, ukurannya yang besar juga akan menyulitkan apabila Anda bekerja di tempat yang sempit seperti di kafe. Pada masa ini, laptop 2 in 1 atau yang biasa dikenal dengan laptop hybrid menjadi pilihan yang cukup bagus karena bisa digunakan selayaknya laptop biasa, tapi juga bisa difungsikan seperti tablet yang lebih ringkas.

Seperti halnya dalam memilih produk manapun, dalam memilih gadget untuk keperluan bisnis juga bisa dimulai dengan memilih brand yang memiliki spesialisasi di sana. Dalam hal ini, Asus menjadi pilihan yang bagus karena brand image dari perusahaan asal Taiwan ini adalah kualitas.

Produk-produk Asus yang cocok untuk keperluan bisnis untuk smartphone ada Asus Zenfone 3, sedangkan untuk laptop ada Asus Zenbook Flip. Kedua produk ini sudah menyabet berbagai penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Taiwan Excelence sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Asus Zenfone 3 memiliki baterai dengan endurance rating-nya mencapai 74 jam. Dapur pacunya ditunjang dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, dan GPU Adreno 506.

- -

Sedangkan pada memori internal, Asus Zenfone 3 terdapat dua seri, yaitu yang dilengkapi 64 GB ROM dan 4 GB RAM, kemudian seri satunya lagi dilengkapi dengan 32 GB ROM dan 3 GB RAM. Untuk ukuran tentu saja sangat pas di genggaman, yaitu 152.6 x 77.4 x 7.7 mm.

- -

Kemudian pada Asus Zenbook Flip, laptop hybrid ini sangat tipis dan ringan. tebalnya hanya 13,9 mm, dan beratnya hanya 1,3 kg. Selain dilengkapi dengan generasi ke 6 dari intel Core M prosessor, SSD hingga 512 GB, ZenBook Flip memiliki ketahanan baterai yang sanggup bertahan hingga 12 jam.

Tidak hanya itu, fleksibilitas dari layar yang dapat di putar hingga 360° akan mendukung setiap kegiatan yang Anda butuhkan.

Apakah gadget Anda sudah sesuai dengan kebutuhan Anda?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com