Advertorial

Inilah Kebiasaan Baik yang Meningkatkan Kesabaran Diri di Tempat Kerja

Kompas.com - 21/11/2017, 17:00 WIB

Pekerjaan yang bertubi-tubi, rekan kerja yang tidak koperatif, dan tenggat waktu yang terus memburu adalah bagian pahit dari pekerjaan. Tak jarang hal ini pun membuat seseorang tergesa-gesa dalam menyelesaikan pekerjaan. Padahal cara itu bisa menyebabkan pekerjaan tidak selesai dengan sempurna.

Kesabaran adalah kunci untuk menghadapi situasi itu. Jika segala sesuatu dihadapi dengan kesabaran dan kepala dingin, pekerjaan pun bisa selesai dengan lebih baik. Nah, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa meningkatkan kesabaran dan pengendalian diri.

Untuk melatih kesabaran, mulailah dengan bersabar terhadap diri sendiri dengan cara menunggu. Tak perlu menunggu orang lain, tahanlah diri Anda dan tunggu beberapa saat setiap kali melakukan sesuatu. Misalnya, tunggulah sepuluh menit sebelum menikmati kopi Anda setiap kali selesai makan.

Selain menunggu, mulailah singkirkan hal-hal tak penting yang hanya membuang waktu. Pekerjaan yang sudah ada tak perlu lagi ditambah dengan kegiatan tak bermanfaat, misalnya membuka media sosial. Selain membuang waktu, kegiatan sia-sia itu juga bisa menambah stres. Sebagai permulaan, kurangi durasi melakukannya, lalu terus tingkatkan kuantitasnya dari waktu ke waktu.

Selama mengubah perilaku ini, jangan lupa untuk melacak setiap pekerjaan Anda. Multitasking mungkin terdengar masuk akal, tetapi mengerjakan banyak hal sekaligus bisa memicu stres. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan, lalu hapus kegiatan yang tidak bermanfaat. Dengan demikian, Anda bisa memprioritaskan pekerjaan yang benar-benar penting.

Terakhir, satu hal paling mudah yang bisa dilakukan setiap kali merasa terburu-buru atau terdesak adalah dengan menarik napas panjang. Aliran oksigen akan membuat tubuh lebih rileks sehingga kesabaran pun akan kembali. Jika cara ini dirasa kurang berhasil, cobalah berjalan kaki untuk menyegarkan pikiran.

Jika menerapkan cara-cara ini, tak hanya kesehatan tubuh dan mental yang terjaga. Hubungan dengan rekan kerja pun akan tetap harmonis berkat kesabaran Anda yang menunjukkan kedewasaan saat berada di keadaan terdesak. Tak hanya itu, kesabaran ini juga bisa membantu Anda lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. (adv)

 Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com