Advertorial

Optimisme Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 22/11/2017, 16:10 WIB

Nawacita pembangunan Indonesia yang digagas Presiden RI Joko Widodo tercermin dalam semangat pembangunan di tanah air. Cita-cita akan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bagi seluruh rakyat Indonesia membutuhkan upaya-upaya yang konsisten dan bersinergi.

Setidaknya gagasan itulah yang dikupas dalam forum Lunch with CEO yang diselenggarakan di Hotel Mulia -  Jakarta,  Selasa (21/11/2017). Forum yang merupakan rangkaian kegiatan Kompas 100 CEO Forum 2017 ini mengundang berbagai CEO perusahaan di tanah air untuk berdiskusi.

Pada forum tersebut, hadir Direktur Utama (Dirut) PLN Sofyan Basir, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut Wijaya Karya (Persero) Bintang Perbowo, Dirut PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) Budi Gunadi Sadikin, serta Ketua Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar.

Jajaran pimpinan Kompas Gramedia dan PLN pun hadir dalam diskusi dengan tema “Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lima Tahun ke Depan” itu.

Dalam forum yang dimoderatori oleh Pieter P Gero tersebut, diperoleh berbagai informasi menarik dari para CEO dari sektor perbankan, infrastruktur & pertambangan. Baik dari sudut pandang perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta.

Melalui diskusi berdurasi kurang lebih dua jam, terungkap pula berbagai pencapaian dan pekerjaan rumah bagi masing-masing sektor.

Dirut PLN Sofyan Basir, pada ajang diskusi, berbagi tentang tantangan pembangunan infrastruktur  yang dihadapi oleh PLN sebagai BUMN yang berperan vital dalam kehidupan rakyat Indonesia.

- -

- -
Meskipun menghadapi berbagai kemustahilan, PLN terus melangkah di jalurnya demi memenuhi target. Ia pun optimis bahwa rencana pemerintah dapat tercapai.

“Contohnya PLN dengan program listrik 35.000 megawatt. Di tahun ke dua setengah ini kami sudah tandatangani 32.000 megawatt. Perjalanan ini kami yakin sudah on the track,” katanya kepada wartawan.

Sofyan pun menambahkan, fakta bahwa pembangunan infrastruktur terus berjalan merupakan bentuk optimisme akan kemajuan Indonesia di masa depan. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, infrastruktur merupakan salah satu faktor pendorong yang utama.

Keberadaan infrastruktur ini pun diyakini mampu meningkatkan kegiatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia di masa mendatang.

Berbagai langkah yang sudah diambil untuk mengejar pertumbuhan ekonomi agar lebih tinggi terus dilakukan. Namun, beragam kendala yang dihadapi dalam pembangunan infrastruktur pun tetap ada, salah satunya adalah soal pembiayaan.

Melalui forum ini, diharapkan terjadi dialog antara berbagai sektor untuk terus bergerak dan mewujudkan optimisme akan Indonesia yang lebih baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com