Sorot

Meikarta Berpotensi Jadi Pusat Bisnis Paling Strategis di Indonesia

Kompas.com - 23/11/2017, 17:08 WIB


KompasProperti - Meikarta dinilai potensial sebagai pusat bisnis dan keuangan di kawasan Bekasi. Dengan berbagai fasilitas penunjang bisnis, Meikarta mendapat sorotan dari media besar Eropa dan Amerika seperti Reuters, Bloomberg, Financial Times, Nasdaq, Dow Jones, Der Spiegel, dan Business Insider.

Media-media ternama itu mengulas Meikarta bakal menjadi pusat kendali dan administrasi perusahaan-perusahaan dari berbagai negara, atau menjadi central business district (CBD) paling strategis di Indonesia.   

Dalam perhitungan Lippo Group, keberadaan Meikarta akan mempercepat kehadiran sekitar 4.000 perusahaan di Cikarang. Selain Meikarta, perusahaan-perusahaan tersebut juga mengincar Lippo City Cikarang.

Saat ini lebih seribu perusahaan industri manufaktur telah beroperasi di Lippo City Cikarang. Sekitar 60 persen di antaranya berasal dari Jepang seperti Mitsubishi dan Toyota.

Baca: Meikarta Dorong Perekonomian Jawa Barat

Secara keseluruhan, 7 kawasan industri di sekitar Meikarta setiap tahun  memproduksi sekitar satu juta mobil dan 10 juta kendaraan bermotor roda dua.

Produksi lainnya dihasilkan oleh industri elektronik, suku cadang otomotif, farmasi, peralatan rumah tangga dan lain lain.

Merealisasikan percepatan pembangunan Meikarta kini memang terbuka lebar. Pemerintah telah memutuskan untuk bekerja habis-habisan membabat jalur birokrasi yang sudah lama menjadi penghambat investasi.

Presiden Jokowi sendiri telah menyatakan bahwa paket-paket deregulasi ekonomi akan digulirkan oleh pemerintah secara terus menerus.

Baca: Kekuatan Meikarta adalah Pasokan Baru Apartemen

Sudah 16 paket deregulasi digulirkan dan akan terus digulirkan sampai Indonesia menjadi negara papan atas dalam peringkat Kemudahan Berbinis (Ease of Doing Business), yang setiap tahun dirilis oleh Bank Dunia.    

Meikarta dirancang untuk memperlancar pertumbuhan ekonomi nasional yang kini menguasai separuh produk domestik bruto (PDB) Asean. Sejak 2010, menurut Bank Dunia, perekonomian Indonesia bahkan telah masuk peringkat 10 terbesar di dunia.

Lippo menilai Meikarta yang berada dekat kawasan industri Cikarang berada di koridur ekonomi Jakarta-Bandung.

“Cerahnya masa depan Meikarta juga disebabkan oleh lokasinya yang berada di jantung perekonomian nasional,” kata CEO Lippo Group James Riady.

Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.

Berdasarkan data-data statistik yang ada, sekitar 70 persen dari pekonomian nasional dihasilkan di Bekasi.  

Meikarta sendiri dikelilingi beberapa kota mandiri baru seperti Cikarang, Jababeka, dan kawasan industri yang menghasilkan berbagai barang elektronik, suku cadang otomotif, farmasi, dan kimia.

Tak kalah pentingnya adalah kenyataan bahwa Meikarta berada di jalur tercepat menuju pelabuhan laut dalam Patimban dan Bandara internasional Kertajati yang beberapa tahun lagi akan mulai beroperasi. Dari Meikarta pula Light Rail Transport (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang,  tol layang Jakarta-Cikampek, dan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung dapat diakses dengan mudah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com