Advertorial

Cara Jitu Memperbesar Kapasitas Memori iPhone

Kompas.com - 24/11/2017, 08:00 WIB

Segala hal bisa dilakukan melalui iPhone, kecuali saat memori smartphone ini penuh. Dalam kondisi ini, otomatis kinerja smartphone jadi payah.

Bayangkan, saat mau memotret atau merekam momen jalan-jalan bersama keluarga, fitur kamera iPhone dan galeri penyimpanannya tak berfungsi. “Can not take photo!” kata notifikasi yang muncul di layar ponsel.

Begitu pula saat mau mengunduh file berupa e-book atau surat-surat terkait pekerjaan. Fungsi ini tak berjalan karena tak ada lagi ruang penyimpanan internal maupun eksternal ponsel. Jika sudah begini, aktivitas kita dalam pekerjaan atau kuliah pun bisa terganggu.

Hal yang menjengkelkan ini tentu bisa diatasi dengan cara menghapus file atau aplikasi yang tidak dibutuhkan. Jika cara ini sudah kerap dilakukan dan masih “mentok” juga, tandanya Anda butuh perangkat tambahan yang membantu melegakan ruang penyimpanan di iPhone.

Perangkat tersebut sebenarnya bentuknya berupa flashdisk seperti yang biasa kita lihat. Namun fungsinya lebih spesifik, khusus membantu para pengguna iPhone yang jengkel karena memori penuh.

Flashdisk ini diproduksi merek asal Taiwan, Transcend, dan diperkenalkan dengan nama JetDriveTM Go 500. Dirancang khusus untuk iPhone, iPad, dan iPod,  flashdisk USB 3.1 flash drive ini bakal membantu memperbesar kapasitas penyimpanan pada iOS, sampai dengan 128GB.

- -

Begini cara kerjanya. Pengguna bisa menancapkan flashdisk ini langsung di port charging yang tersemat di bodi iPhone. Kegunaannya ada tiga. Pertama, pengguna bisa langsung melakukan back up  alias memindahkan data-data yang tersimpan di memori iPhone, ke perangkat flashdisk  JetDriveTM Go 500.

Kedua, pengguna bisa melakukan direct saving, atau penyimpanan langsung ke flashdisk, begitu pengguna memotret atau merekam video. Dengan demikian, penyimpanan internal iPhone tak terusik.

Ketiga, flashdisk JetDriveTM Go 500 juga memiliki fitur dual connector, sehingga bisa dikoneksikan dengan perangkat iOS lainnya, yakni iPad, iPod, atau Macbook. Artinya, fitur ini memungkinkan pengguna membagikan serta melihat langsung file atau data di perangkat lainnya.

Dengan berbagai fiturnya, flashdisk JetDriveTM Go 500 dipastikan mampu menjadi solusi buat yang aktivitasnya kerap terganggu karena memori ponsel penuh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com