Kilas

Gus Ipul Didaulat Jadi "Bapak Pecinta Burung"

Kompas.com - 25/11/2017, 22:47 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Komunitas Pencinta Burung Puter Jawa Timur mendaulat
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Bapak Pecinta Burung. Gelar baru itu disematkan kepada Gus Ipul saat menghadiri Liga Puter Jawa Timur VII di Pasar Jambangan, Surabaya, Sabtu (25/11/2017).

Bambang, Ketua Panitia Liga Puter Jawa Timur VII, mengatakan, bahwa selama ini Gus Ipul memang selalu peduli dan kerap hadir dalam acara-acara penghobi burung.

"Karenannya, dalam kesempatan ini, kami penghobi burung mendaulat Gus Ipul sebagai Bapak Pelindung Burung dan Bapak Pecinta Burung," katanya.

Pihaknya mengaku kerap menggelar lomba burung minimal setiap dua minggu sekali. Gus Ipul, kata Bambang, selalu mendukung.

"Oleh karenanya, sudah sangat pantas kalau Gus Ipul kami juluki Bapak Pecinta Burung," ujarnya.

Gus Ipul sendiri mengapresiasi digelarnya Liga Puter Jawa Timur VII. Menurut Gus Ipul, penghobi burung tidak hanya meningkatkan kesejahteraan bagi para peternak, tetapi juga mampu menggerakkan sektor UMKM, khususnya perajin sangkar burung.

"Saya sangat bangga dan bersyukur atas kegiatan ini. Ada manfaat ekonomi yang bisa dilihat dari hobi burung ini, di antaranya banyak aksesori pada sangkar burung yang dibuat oleh UMKM Jatim," ujar Gus Ipul.

Jika sangkar burung terjual, kata Gus Ipul, maka dengan sendirinya para pelaku UMKM di sektor sangkar juga akan menerima keuntungan. Karena itu, memperbanyak kompetisi hobi burung perlu digalakkan.

"Ke depan, kegiatan seperti ini diharapkan bisa lebih banyak sehingga mampu memajukan perekonomian kita," ujarnya.

Liga Puter Jawa Timur VII diikuti oleh ratusan penghobi burung dari berbagai  daerah di Jawa Timur. Mereka yang mengikuti perlombaan di antaranya berasal dari Surabaya, Banyuwangi, Jember, Mojokerto, Jombang, Madiun, Kediri, serta Madura. (Kontributor Surabaya/Achmad Faizal)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com