kabar mpr

Ketua MPR : Nasionalisme Zaman Now Itu Berani Bersaing di Tingkat Global

Kompas.com - 27/11/2017, 21:53 WIB

"Nasionalisme sekarang bukan lagi bambu runcing tetapi sebuah bangsa yang memiliki daya saing," ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan saat memberi Kuliah Umum di depan ratusan mahasiswa Universitas Palangkaraya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 27 November 2017.

Untuk mempunyai daya saing maka mahasiswa harus memiliki dan menguasai ilmu. "Beruntung kalian bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia," ujar Zulkifli Hasan di depan peserta Kuliah Umum itu. Diharapkan para mahasiswa bersyukur karena banyak generasi muda yang tak bisa menikmati bangku kuliah.

Pentingnya ilmu, menurut Zulkifli Hasan, bisa membuat sebuah bangsa memiliki daya saing dan produktifitas yang tinggi. Ia mencontohkan rekayasa genetika di Thailand dan Jepang serta negara seperti Selandia Baru membuat mereka unggul dalam sektor pertanian dan peternakan.

Untuk itulah Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya bangsa ini menguasai ilmu. "Tanpa produktifitas dan kreatifitas kita akan menjadi bangsa kuli," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan juga mendorong agar para mahasiswa paham sejarah bangsa. "Bila kita paham sejarah maka kita akan mencintai bangsa ini," paparnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com