Advertorial

Perhatikan Hal-hal Ini Jika Ingin Keluargamu Tetap Sehat

Kompas.com - 01/12/2017, 13:18 WIB

Sebagai agen pertama yang memperkenalkan dunia, keluarga memegang peranan penting dalam kehidupan setiap orang. Meskipun keseharian diisi dengan kegiatan dengan teman dan pekerjaan, keluarga tetap menjadi tempat kamu pulang  di penghujung hari.

Selain sebagai lingkup paling utama dalam kehidupan, keluarga pula lah yang akan hadir hingga saat terakhirmu. Tidak berlebihan jika keluarga dikatakan sebagai harta yang paling berharga. Oleh karena itu, kamu pun harus memiliki perencanaan lebih untuk melindungi keluargamu dimulai dari kesehatannya.

Nah, untuk memastikan kesehatan keluarga kecilmu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

1.      Jaga asupan nutrisi

Asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh keluarga menentukan kualitas kesehatannya. Usahakan untuk rencanakan pola empat sehat lima sempurna di kehidupan sehari-hari. Sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji dan minuman yang kandungan gulanya tinggi. Sebaliknya, perbanyak minum air putih dan ganti cemilan kamu dengan buah segar.

2.      Pastikan rumah selalu bersih

Kalimat sesederhana ‘bersih pangkal sehat’ bukan isapan jempol semata. Sudah terbukti bahwa lingkungan yang kotor adalah sarang berbagai penyakit. Terlebih jika rumah ditinggali oleh lebih dari satu keluarga. Pastikan setiap anggota keluarga menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyakit.

3.      Cegah risiko penyakit

Penyakit bisa disebabkan oleh banyak hal, baik dari lingkungan luar yang kurang higienis maupun daya tahan tubuh yang sedang lemah. Daripada mengobati penyakit, lebih baik lakukan langkah-langkah pencegahan. Misalnya jika ada anak-anak dalam keluarga, pastikan mereka divaksin agar tak terkena penyakit berbahaya. Atau rencanakan jadwal cek kesehatan rutin untuk keluarga.

4.      Pastikan anggota keluarga cukup istirahat

Semua usaha untuk menjaga kesehatan keluarga tidak akan maksimal jika tidak diikuti dengan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan kondisi fisik kamu jika badan sudah mulai terasa tak enak. Baiknya rencanakan lebih kegiatan kamu dengan memasukkan jadwal istirahat dalam agenda.

5.      Lakukan aktivitas bersama

Keluarga yang sehat tentu memiliki stamina yang baik untuk beraktivitas. Jangan lupa untuk rencanakan lebih untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga, mulai dari piknik, liburan keluar kota, atau sekedar nonton film bersama di akhir pekan.

Selain melindungi kesehatannya, perlu dipastikan juga biaya perawatan kesehatan keluarga selalu terpenuhi. Salah satu cara jitu untuk menjaminnya adalah dengan bantuan solusi #RencanakanLebih dari AXA.

Solusi ini akan memberikan perlindungan menyeluruh untuk setiap anggota keluargamu. Terutama dalam hal perawatan kesehatan untuk berbagai fase kehidupannya. Mulai dari usia muda hingga masa tua.

Kamu tidak perlu lagi merasa khawatir tentang fasilitas kesehatan untuk keluarga kamu. Klik disini untuk mulai RencanakanLebih

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com