Advertorial

Persiapkan Masa Tuamu Agar Bisa Kembali Bertualang

Kompas.com - 02/12/2017, 10:02 WIB

Masa muda adalah masa belajar dan bereksplorasi. Masa ini adalah masa di mana kamu masih bebas, tanpa tanggungan, dan dapat mencoba berbagai macam hal tanpa perlu takut dengan yang namanya kegagalan.

Selanjutnya, lanjut ke masa dewasa. Meskipun masih terus belajar, perbedaan yang paling terasa adalah kamu sudah tidak lagi mengeksplorasi dan mencoba hal baru dan lebih fokus pada satu bidang. Pada masa ini biasanya kamu sudah memiliki tanggungan. Apakah itu keluarga, atau setidaknya diri sendiri.

Terakhir adalah masa tua atau masa pensiun. Banyak yang mengartikan masa ini sebagai masa istirahat, tepati tidak sedikit yang mengartikan masa pensiun ini sebagai masa untuk kembali bertualang.

Memang pada masa pensiun ini bisa dibilang kamu kembali bebas dari tanggungan. Anak-anak biasanya sudah bisa mandiri dan kamu pun bisa melakukan berbagai hal. Menyelesaikan bucket list yang belum sempat dilakukan ketika muda juga menjadi pilihan bagus untuk menikmati masa itu.

Apakah itu berkeliling dunia, atau mendedikasikan diri untuk berbagai gerakan yang peduli terhadap lingkungan. Kamu akan lebih punya banyak waktu untuk melakukan semuanya.

Untuk dapat kembali bertualang pada masa pensiun, kamu harus merencanakannya dari sekarang. Hal yang paling penting kesehatan. Kesehatan bukanlah sesuatu yang bisa dibeli dengan uang. Kesehatan, khususnya pada masa pensiun, hanya bisa didapatkan dengan pola hidup sehat yang kamu lakukan ketika muda.

Karena itu jangan pernah korbankan kesehatanmu untuk mencari uang ketika masih muda. Nantinya malah uangmu akan habis untuk biaya pengobatan di masa tua.

Untuk merencanakan kesehatan pada masa tua sebetulnya tidak sulit. Cukup dengan rutin menerapkan pola hidup sehat dengan:

Tidur Lebih Awal

Begadang memang kebiasaan dan gaya hidup anak muda, disadari kebiasaan tersebut akan berdampak terhadap kesehatan di masa tua. Proses peremajaan sel-sel tubuh berlangsung pada malam hari saat tidur sehingga mencukupi waktu istirahat sangatlah penting jika Anda ingin tetap sehat bugar menjalani masa tua.

Olahraga Pagi

Olahraga menyehatkan tubuh dan memperkuat sistem imun sehingga bisa menghindari risiko terkena penyakit berbahaya. Kebiasaan rutin melakukan olahraga akan menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit di masa tua.

Orang yang memiliki kebiasaan gaya hidup tersebut akan senantiasa bugar dalam menjalani dan menikmati masa pensiun.

Mengkonsumsi Buah-buahan

Mencukupi kebutuhan nutrisi merupakan salah satu gaya hidup sehat. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah-buahan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, serat pada buah sangat berguna untuk memperlancar saluran pencernaan.

Menghindari Stres

Stres dan depresi bisa mempengaruhi kesehatan. Bahkan stres bisa memicu penuaan dini. Tidak hanya itu, risiko penyakit jantung dan stroke pun bisa menghampiri di masa tua jika banyak tekanan serta hal yang membuat pikiran Anda stres.

Rencanakan lebih masa pensiunmu

Selain rutin menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya kamu juga #RencanakanLebih untuk perlindungan kesehatan. Karena berbagai penyakit memang sering terakumulasi di masa tua.

Salah satu caranya dengan bantuan AXA yang dapat memberi solusi perlindungan kesehatan menyeluruh untuk setiap fase kehidupanmu. Mulai dari masa produktif, hingga masa tua nanti. Kamu tidak perlu khawatir akan biaya perawatan kesehatanmu dan keluargamu di masa depan.

Segera kunjungi situs resmi AXA untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi #RencanakanLebih karena sehat itu AXA.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com