Advertorial

Lowongan Kerja dari Berbagai Situs Bisa Ditemukan di Aplikasi Jora

Kompas.com - 04/12/2017, 11:37 WIB

Butuh informasi seputar lowongan kerja terkini? Cukup buka internet dan cari tahu situs info lowongan kerja yang akurat. Namun jangan sampai tertipu akibat membuka situs lowongan kerja yang salah.

Meskipun demikian, para pencari kerja tidak perlu lagi merasa khawatir dengan penipuan lowongan kerja yang marak terjadi di internet. Situs info lowongan kerja Indonesia, Jora Indonesia (id.jora.com) memberikan solusinya untuk Anda. Jora Indonesia baru saja meluncurkan aplikasi Lowongan Kerja Jora di Android dan iOS dalam bahasa Indonesia dan bisa diunduh secara gratis.

Menariknya, Jora memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs lowongan kerja terbesar, seperti JobStreet dan JobsDB Indonesia. Jora hadir sebagai agregator atau pengumpul info lowongan kerja dari situs-situs loker yang sudah ada.

Jadi cukup buka aplikasi Jora, para pencari kerja bisa langsung mencari lowongan kerja dari berbagai portal lowongan kerja di Indonesia. Dengan aplikasi Jora, pencari kerja tidak perlu repot lagi membuka situs karir satu per satu di internet.

Berbekal kesederhanaan cara kerja Google, Jora menghadirkan aplikasi pencari lowongan kerja Indonesia yang mudah untuk digunakan. Dalam aplikasi itu hanya terdapat dua kolom untuk mencari nama atau posisi pekerjaan dan lokasi.

Cara menggunakan aplikasinya cukup mudah. Pencari kerja hanya perlu mengetik kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan id.jora.com, seperti IBM, freelance, S1, part time, SMA, bank, dan sebagainya, lalu pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja.

Aplikasi Lowongan Kerja Jora juga menyediakan fitur untuk menyimpan lowongan dan 

berlangganan info lowongan kerja yang dikirim melalui email (job alert). Dengan fitur Job Alert, pencari kerja tidak akan pernah ketinggalan lowongan kerja terbaru. Fasilitas ini dapat dimodifikasi untuk mendapatkan info lowongan kerja harian atau mingguan.

Berikut ini merupakan fitur-fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Lowongan Kerja Jora:

1. Cari
- Lowongan kerja berdasarkan nama pekerjaan, jabatan, atau perusahaan
- Lowongan kerja berdasarkan lokasi (kota atau provinsi)
- Lowongan kerja terbaru dan saring berdasarkan jarak atau tanggal
- Lowongan kerja penuh waktu, paruh waktu, kontrak, dan sebagainya

2. Simpan
- Lowongan kerja favorit

3. Job Alert
- Job alert adalah fitur untuk memberikan info lowongan kerja terbaru pilihan Anda ke email
- Modifikasi frekuensi job alert untuk mendapatkan info lowongan kerja harian atau mingguan

Freelancer dan Lowongan Kerja Part Time Makin Dicari

Berdasarkan analisis Jora dari berbagai situs karir, freelancer dan part time, merupakan lowongan kerja yang paling banyak dicari selain driver. Mayoritas pencari kerja berusia 18-24 tahun (58.02%) dan menggunakan perangkat mobile/ponsel untuk mencari info lowongan (80.87%)

Rata-rata pencari kerja mencari lowongan kerja Jakarta sebagai kata kunci favorit mereka. Informasi itu disusun berdasarkan data pencarian dari kata kunci yang dipakai pengguna di situs Jora Indonesia hingga pertengahan bulan November 2017.

Sampai saat ini, Jora Indonesia telah menampilkan sekitar 80 ribu lowongan kerja dari lebih 500 situs loker dan halaman karir perusahaan. Sementara itu, pageviews atau kunjungan ke laman-lamanberisi informasi lowongan kerja yang terdapat dalam situs id.jora.com mencapai 28 juta. Dari risetnya, Jora menemukan bahwa bidang kerja desain, guru bahasa Inggris, administrasi, dan web developer adalah jenis pekerjaan yang paling banyak menarik tenaga kerja freelancer, dengan Jakarta sebagai lokasi yang paling banyak menawarkan pekerjaan freelance.

Tren pencarian lowongan kerja part time dan freelance tampaknya akan semakin meningkat dikarenakan banyak peminat untuk mencari kerja sampingan menjelang libur akhir tahun.

Selain menganalisis lowongan kerja yang diminati oleh pencari kerja selama tahun 2017, Jora Indonesia juga menganalisis lokasi pekerjaan yang paling menarik perhatian. Analisis ini dilakukan berdasarkan jumlah kunjungan ke laman yang menggunakan kotak pencarian berdasarkan lokasi di situs id.jora.com.
 
Dari analisis tersebut, Jakarta merupakan lokasi yang paling banyak menawarkan pekerjaan freelance. Jora Indonesia menemukan fakta bahwa pencari kerja berminat untuk bekerja di Jakarta (20%), Medan (10%) dan lowongan kerja Surabaya (8%). Sekadar informasi, lowongan kerja yang banyak tersedia di Jakarta dan Surabaya adalah admin, sedangkan di kota Medan adalah driver.

Menariknya lagi, Jora memberikan akses gratis untuk menemukan lowongan kerja di 32 negara. Situs id.jora.com sendiri diluncurkan dalam Bahasa Indonesia akhir Januari 2016 dan menawarkan layanan satu atap agar pencari kerja tidak perlu repot membuka situs lowongan pekerjaan satu per satu lagi.

- -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com