Advertorial

Ragam Alat Seduh untuk Secangkir Kesempurnaan Kopi

Kompas.com - 05/12/2017, 09:37 WIB

Bagi para pencinta kopi, minuman yang didapat dari pengolahan bijih kopi ini bukan hanya sekedar minuman yang diteguk untuk melecutkan energi. Namun kesempurnaan rasa adalah hal yang dicari dari setiap cangkirnya.

Menyeduh kopi ibarat sebuah seni. Untuk mendapatkan secangkir kopi nikmat, yang dibutuhkan bukan hanya bubuk kopi berkualitas saja. Proses penyeduhan yang teliti disertai pengetahuan dasar tentang kopi juga menjadi sebuah keharusan. Berbagai metode dan teknik khusus juga terus dikembangkan agar kopi yang disajikan dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi.

Karena itu, tidak heran ketika melihat para pencinta kopi rela pergi ke suatu tempat yang terbilang jauh demi mendapatkan kesempurnaan tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang ingin mendapatkan kenikmatan tersebut di rumah. Karena duduk santai di teras ataupun ruang keluarga adalah salah satu cara untuk menikmati secangkir kopi.

Nah, untuk Anda yang ingin menikmati kopi di rumah, berikut beberapa jenis alat manual brewing yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan secangkir kenikmatan tersebut di rumah:

French Press

Alat ini sangat cocok untuk Anda yang mulai tertarik belajar manual brewing karena metodenya cukup sederhana. Prinsip seduhnya sama seperti kopi tubruk yang merupakan ciri khas Indonesia, dengan adanya saringan pada alat ini untuk menahan bubuk kopi agar tidak ikut tertuang dalam cangkir.

Menyeduh kopi dengan menggunakan French Press ini akan memberikan Anda secangkir kopi bercita rasa tubruk dengan pengalaman yang lebih menyenangkan. Untuk mengetahui metode manual brewing dengan French Press bisa lihat di sini.

V60

Alat seduh ini diciptakan oleh Hario, perusahaan pembuat peralatan kopi terkenal dari Jepang. Keunikan alat ini adalah dari bentuk kerucut dengan sudut 60 derajat dengan garis spiral di bagian badan sehingga bisa mengalirkan air ke bagian tengah bubuk kopi.

Dibutuhkan pengetahuan coffee brewing agar bisa mendapatkan hasil seduhan yang optimal dari alat ini. Hario V60 tersedia dalam berbagai bahan seperti plastik, kaca, keramik dan metal.

Kalita Wave

Alat ini sekilas mirip dengan V60, yang membedakan adalah bagian bawahnya rata (flat drip) dengan tiga buah lubang dan bentuk filter kertasnya yang bergelombang. Bentuk filter kertas ini mencegah kontak langsung dengan dripper dan menjaga suhu air lebih konsisten.

Kalita Wave tersedia dalam beberapa bahan seperti metal, kaca dan keramik.

Chemex

Alat ini menyeduh dengan metode infusi sehingga hasil seduhan kopinya sangat mirip dengan metode coffee drip dalam hal rasa. Namun yang membedakan, filter di Chemex ini biasanya lebih tebal 20-30 persen dibanding metode pour over lain seperti di V60. Kopi yang terseduh pun aromanya terasa lebih kaya.

Dibandingkan dengan French Press, kekayaan aroma kopi hasil seduhan Chemex sedikit di bawahnya. Namun dengan menggunakan Chemex ini, Anda dapat menyeduh kopi untuk beberapa cangkir sekaligus.

Chemex cocok untuk menemani kegiatan minum kopi di akhir pekan dengan teman atau keluarga.

Vietnam Drip

Alat ini biasanya dimiliki oleh pencinta kopi Vietnam. Biasanya, biji kopi yang digunakan adalah tipe dark roast dengan level kekasaran fine untuk mendapatkan cita rasa kopi yang bold. Kopi Vietnam biasanya disajikan dengan tambahan susu kental manis.

Anda perlu sedikit sabar menunggu drip kopi yang membutuhkan sekitar 10 menit untuk dinikmati.

Syphon

Brewing vacuum pot ini memiliki desain unik dan harganya cukup mahal. Penggunaannya perlu persiapan merakit beberapa bagian. Sebelum merakit, pelajari dulu instruksinya dengan teliti. Hati-hati saat memasang bagian gelas yang terbuat dari borosilikat tahan panas.

Menyeduh dengan Syphon memberikan pengalaman kopi tersendiri, karena kopi yang akan Anda seruput memiliki konsistensi yang lebih jernih.

Sudah menemukan alat seduh manual yang sesuai dengan selera kopi Anda? Anda bisa mendapatkannya di sini. Namun apa pun alat seduh manual yang Anda pilih, Alat-alat itu hanya medium untuk menghadirkan nikmatnya minum kopi. Anda perlu terus mengeksplorasi teknik menyeduh kopi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com