Advertorial

Infobank Top 100 Bankers Jawab Dua Tantangan Perbankan di 2018

Kompas.com - 06/12/2017, 09:29 WIB

Ajang berbagi pengalaman dan pendapat di kalangan pelaku perbankan, Infobank Top 100 Bankers kembali diselenggarakan Selasa, (28/11/2017) di Hotel JW Mariott Jakarta. Acara tersebut dibuka oleh Eko B Supriyanto selaku Direktur Biro Riset Infobank.

Pada kesempatan tersebut Eko menyampaikan bahwa acara ini adalah wadah untuk sharing para bankir ternama dalam menghadapi transformasi dalam dunia perbankan. Menurut Eko Ada dua tantangan yang akan dihadapi industri perbankan pada tahun 2018 mendatang.

Pertama, adanya serbuan perusahaan-perusahaan financial technology (fintech) di sektor perbankan. Kemajuan teknologi yang mengubah perilaku pasar terbukti telah merintangi beberapa sektor usaha, seperti sektor transportasi dan ritel. Hal kedua yaitu kekhawatiran akan datangnya siklus 10 tahunan.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja yang menjadi salah satu narasumber berpendapat bahwa untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut para bankir harus mau belajar. Sebagai pemimpin, terjun langsung dan mengerti dunia perbankan hingga hal-hal yang paling kecil dalam era digital adalah hal yang penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan dan kemajuan teknologi.

Narasumber lain, founder Lippo Group Mochtar Riady mengatakan bahwa segala sesuatu khususnya dalam dunia perbankan, harus dikuatkan dari segi internal.

-- -

"Terhadap semua perubahan, perlu menguatkan intern-nya dulu. Tanpa ada suatu kekuatan offensive, tidak mungkin ada kemampuan untuk defensive. Marilah kita ikut terjun dalam suatu arus (digitalisasi) yang demikian ini. Kita sama-sama untuk offensive, itu adalah cara untuk mengamankan diri yang paling tepat."

Dihadiri oleh para bankir lain dari bank-bank ternama, baik swasta, BPD, maupun BUMN, acara ini menjadi lahan diskusi yang tepat untuk membuka pikiran dalam menghadapi berbagai tantangan dunia perbankan di era digitalisasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com