Advertorial

ARTCYCLING, Ketika Teknologi Berpadu dengan Olahraga dan Seni

Kompas.com - 08/12/2017, 15:30 WIB

Perkembangan teknologi telah masuk ke berbagai bidang kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Olahraga juga telah menjadi aktivitas yang tak terpisahkan dengan teknologi digital. Bersepeda sebagai salah satu olahraga favorit saat ini kian erat hubungannya dengan teknologi digital.

Banyak contoh penggunaan aplikasi digital saat aktivitas bersepeda. Contohnya adalah kebiasaan para pesepeda yang mengunggah aktivitasnya tersebut seperti foto lintasan dan sepedanya ke media sosial. Hal itu dilakukan sebagai kebanggaan pribadi sekaligus menantang penggemar sepeda lain.

MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia) melihat fenomena tersebut sebagai peluang memadukan teknologi, olahraga, dan seni menjadi sebuah inisiatif yang seru dan bermanfaat. Didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Bank BRI, MIKTI akan menggelar ARTCYCLING, sebuah lomba bersepeda yang UNIK dan untuk PERTAMA kalinya diselenggarakan secara resmi di Indonesia, bahkan di dunia. Pemenang ditentukan bukan berdasarkan kecepatan tetapi berdasarkan KARYA GRAFIS dari rutenya selama bersepeda.

Peserta ARTCYCLING hanya perlu menggunakan aplikasi mobile dari panitia selama lomba kemudian bersepeda sesuai jalur yang direncanakan sendiri di kotanya masing-masing. ARTCYCLING mengambil tema Pesona Indonesia sehingga peserta ditantang untuk untuk bersepeda mengikuti jalur yang dapat menghasilkan gambar sekreatif mungkin tentang keunikan serta keindahan Indonesia, seperti Komodo, Keris, Monas, dan Cendrawasih.

“Untuk pertama kalinya MIKTI membuat even yang lain dari biasanya. Biasanya MIKTI membuat even yang bersifat edukasi terkait dunia startup dan pesertanya adalah para komunitas IT. Nah, sekarang ini MIKTI mencoba beralih ke masyarakat umum khususnya pecinta sepeda dan olahraga pada umumnya. Tujuannya agar masyarakat bisa  merasakan manfaat perpaduan antara teknologi, seni, dan Olahraga,” ujar Indra Purnama selaku Direktur Eksekutif MIKTI.

Lomba ARTCYCLING akan berlangsung selama 24 jam, dari 16 Desember 2017 pukul 09.00 WIB hingga 17 Desember 2017 pukul 09.00 WIB. Selama waktu tersebut, peserta lomba dapat menentukan sendiri waktu start dan finish, jarak tempuh, hingga jalur yang akan dilalui.

Setelah sesi lomba berakhir, peserta diundang untuk mengikuti Big Bang Event dan pengumuman pemenang di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta tanggal 17 Desember 2017 pukul 09.00 - 11.00 WIB. Peserta di 10 kota lainnya yaitu Banda Aceh, Palembang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar juga dapat mengikuti keseruan acaranya melalui titik kumpul yang disediakan panitia.  Selain itu akan ada hadiah hadiah utama berupa tabungan dari Bank BRI, sepeda, dan door prize menarik.

ARTCYCLING diselenggarakan atas kerjasama MIKTI Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia, Bank BRI, dan Kementerian Pariwisata, serta didukung oleh komunitas sepeda B2W (Bike to Work), Good News From Indonesia, dan komunitas sepeda lainnya di Indonesia.

Untuk informasi dan pendaftaran kunjungi:

www.artcycling.id

IG         : artcyclingIndonesia

FB        : Artcycling

Twitter : @artcycling2017

 

Kontak Media :

Lola 081219930889

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com