Kilas

Begini Cara Emil Dardak Dongkrak Kesejahteraan Rakyat

Kompas.com - 08/12/2017, 20:03 WIB


TRENGGALEK,  KOMPAS.com - Segala upaya dilakukan pemerintah Trenggalek Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui penigkatan sektor ekonomi.

Bukan cuma memberikan pelayanan maksimal kepada para pemodal, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga mempromosikan potensi daerahnya ke kancah nasional maupun internasional. Salah satunya melalui portal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Timur.

Kepala Bidang Penanaman Modal Kabupaten Trenggalek Sigit Wahyu Adi mengungkapkan, setidaknya ada dua wilayah di Trenggalek yang diproyeksikan mampu menggaet minat para pemodal.

Bupati Trenggalek Emil Dardak memilih dua wilayah andalan yaitu kota maritim baru Prigi di Kecamatan Watulimo dengan segenap keunggulannya, serta minapolitan di wilayah Kecamatan Panggul.

Baca: Begini Tren Pertumbuhan Investasi di Trenggalek

Pada portal Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut, informasi yang disajikan lengkap dengan klasifikasi atau pemetaan potensi.

"Artinya ada grade yang bisa dipantau oleh para pemodal mengenai status wilayah tersebut. Misalnya, terkait kesiapan regulasi atau kebijakan pada wilayah tersebut hingga sarana prasarana penunjang investasi, seperti infrastruktur yang memadahi sehingga mempermudah mobilitas usaha di lokasi itu,” ujarnya.

Dua potensi daerah yang ditawarkan Trenggalek tersebut saat ini sudah masuk dalam kategori baik. Regulasi yang mengatur pengelolaan potensi daerah Trenggalek sudah siap. Dengan demikian, para pemodal tidak perlu khawatir dengan keberlangsungan usahanya.

Selain itu, sarana dan prasarana penunjang tengah dibangun. "Seperti di Panggul, Kami sedang membangun akses infrastruktur yang baik," katanya.

Rumah apung yang berada di perairan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa timur. Rumah apung yang berada di perairan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa timur.


Sementara itu, kota maritim Prigi telah memiliki akses yang jauh lebih dari kata layak. Bahkan, pemerintah juga tengah mengupayakan keberadaan jalur perdagangan laut (pelabuhan niaga).

Adanya pelabuhan niaga di kawasan Trenggalek bakal menjadi alternatif saat pantai utara Jawa penuh sesak dengan bongkar muat barang.

"jika akses Jogja-Malang sudah terhubung dengan jalur lintas selatan, itu juga menjadi pertimbangan bagi pemodal yang berniat masuk di Trenggalek nantinya,” ujarnya. (KONTRIBUTOR TRENGGALEK/ SLAMET WIDODO)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com