kabar mpr

Mangindaan : Pancasila Akan Utuh Jika Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 10/12/2017, 18:37 WIB

Di hadapan jemaah Gereja ST. Leo Agung, Jatiwaringin Jakarta Timur, Wakil Ketua MPR RI EE. Mangindaan mengajak masyarakat Nasrani menjaga Pancasila  dengan baik. Caranya adalah dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hanya dengan cara itu Pancasila akan aman.

Indonesia, kata Mangindaan akan tumbuh menjadi negara besar jika terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa. Karena itu, orang-orang yang tidak ingin melihat Indonesia menjadi negara yang besar, berusaha mengganti Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI, EE. Mangindaan saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Dihadapan jamaah geraja ST Leo Agung Jatiwaringin, Jakarta Timur, Minggu (10/12). Ikut hadir pada acara tersebut anggota MPR kelompok DPD  Ir. Marharny Pua MA. Dan Dewan Paroki  ST. Leo Agung Jatiwaringin RM 'unradus Budin Mukin

Sayangnya menurut Mangindaan, BP7 sebagai lembaga yang dulu bertugas mensosialisasikan Pancasila, itu malah dibubuarkan. Beruntung, tugas-tugas mensosialisasikan Pancasila itu bisa dilakukan oleh MPR RI.

"Tetapi,  MPR tidak akan sanggup melakukan sosialisasi  sendiri, karena  MPR tidak memiliki kaki di bawah. Karena itu, perlu ada lembaga negara yang memiliki tugas khusus melaksanakan sosialisasi, seperti halnya BP7 di zaman Orde baru", kata Mangindaan menambahkan.

Apalagi,  dimasa yang akan datang, tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan semakin besar. Bahkan tantangan itu bukan hanya datang dari luar negeri, tetapi juga dalam negeri. Karena itu, menerapkan Pancasila dalam kehidupan, sehari-hari benar-benar harus dilaksanakan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com