Advertorial

Inilah Bisnis yang Diprediksi Semakin Seksi di 2018

Kompas.com - 11/12/2017, 14:30 WIB

Perkembangan teknologi telah membuka begitu banyak peluang bagi bisnis baru. Bukan hanya jumlahnya yang akan terus bertambah, jenis bisnis pun akan semakin beragam di tahun 2018. Bagi Anda yang resolusi setiap tahunnya adalah memulai bisnis sendiri, tahun 2018 bisa jadi merupakan waktu untuk bersinar. Pintarlah membaca peluang untuk mengembangkan bisnis di bidang yang diperkirakan akan semakin subur di tahun 2018 berikut ini.

Kehadiran internet yang dikombinasikan dengan kemampuan bisnis akhirnya melahirkan perusahaan rintisan di bidang media digital. Saat ini saja, begitu banyak blog ataupun website yang menjadi wadah berbagai informasi. Menariknya, jenis topik media digital ini begitu beragam disesuaikan dengan minat dan keahlian pengembangnya. Ini membuka peluang bagi pebisnis untuk mencoba peruntungannya dengan menghadirkan berbagai konten dan informasi berbasis internet yang dikemas menarik.

Kebutuhan akan konten digital yang menarik pun akhirnya membuat copywriter menjadi profesi yang dicari oleh berbagai bisnis. Meskipun pekerjaan itu terlihat sederhana, kreativitas dalam menulis adalah sesuatu yang tak dimiliki semua orang. Agar memiliki nilai lebih, pelajari dan pahamilah dasar pencarian digital seperti search engine optimization (SEO). Terus tingkatkan kemampuan menulis dan bahasa agar diperoleh paket lengkap kreativitas dan teknologi untuk memenangkan persaingan bisnis.

Selain pembuatan konten, jasa desain grafis juga menjadi salah satu pencarian utama dalam industri bisnis. Sebuah konten digital pemasaran daring akan semakin menarik jika dilengkapi dengan visual yang atraktif bagi pembacanya. Apalagi mengingat tingginya pengguna media sosial berbasis visual seperti Instagram dan Facebook.

Invasi internet dan sosial media yang cepat ini pun membuka peluang bagi bisnis pelatihan daring. Di luar kewajiban pendidikan formal, keterampilan untuk menggunakan internet adalah sesuatu yang bisa menjadi nilai tambah bagi karier. Namun karena keterbatasan waktu, pelatihan secara daring sering kali menjadi pilihan. Cobalah untuk menyediakan jasa pelatihan pemasaran internet, desain grafis, atau olah foto.

Jika Anda sudah memahami dasar pemasaran internet, tingkatkan lagi kemampuan dan beranikan diri untuk membuka jasa pemasaran internet sendiri. Meski tak sebesar Google AdWords atau FacebookAds, jasa ini bisa digunakan oleh berbagai bisnis yang ada. Lengkapi tim Anda dengan personil berkemampuan lain dan susun portfolio yang pernah dikerjakan. Siapa tahu, perusahaan Andalah yang dibutuhkan di tahun 2018 nanti.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com