kabar mpr

Mangindaan: Masyarakat di Perbatasan adalah Benteng Pancasila

Kompas.com - 11/12/2017, 16:24 WIB

Bertempat di Aula Wan Seri Beni, kantor Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Senin (11/12/2017), Wakil Ketua MPR RI EE. Mangindaan menegaskan tentang pentingnya menjaga masyarakat di daerah perbatasan. Menurut Mangindaan, yang menjadi salah satu perhatiannya pada saat ini adalah Kepri.

"Masyarakat di perbatasan adalah benteng Pancasila," kata Mangindaan dalam program kunjungan kerja tersebut. "Oleh karenanya, kita harus mendukung penuh. Perlu ada perhitungan anggaran tersendiri dari APBN untuk pembangunan di daerah perbatasan."

Mangindaan juga menghimbau perlunya sinkronisasi antara peningkatan kesejahteraan dan keamanan di daerah perbatasan, dua hal ini ibarat dua sisi dalam mata uang. "Tanpa keamanan, kesejahteraan tak akan tercapai. Dan tanpa kesejahteraan, keamanan tak akan tercapai," lanjut Mangindaan menambahkan.

Selain masalah kesejahteraan dan keamanan, kurangnya struktur dan infrastruktur di daerah perbatasan juga harus ditingkatkan. Meski pembangunan di daerah perbatasan cukup kompleks, tetapi bagi Mangindaan itu merupakan tantangan untuk menjaga keutuhan Indonesia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com