kabar mpr

Empat Kelemahan di Area Perbatasan Kepri Perlu Diatasi

Kompas.com - 11/12/2017, 20:17 WIB

Setelah berbicara tentang pentingnya menjaga keutuhan masyarakat di area perbatasan Indonesia dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Riau (Kepri), Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan menyoroti empat masalah utama di kawasan tersebut. Empat masalah ini harus diperhatikan dan membutuhkan kerja sama dari semua pihak dalam penyelesaiannya.

"Sebenarnya para petugas di lapangan sudah melakukan tugas-tugasnya. Namun mereka mengakui sendiri ada beberapa kelemahan yang perlu diatasi," kata Mangindaan di Aula Wan Seri Beni, kantor gubernur Kepri, Senin (11/12/2017).

Pertama, kurangnya personil kepolisian. Seperti dinyatakan oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, idealnya Kepri membutuhkan 12.092 personil.

"Masih kurang tujuh ribu sekian dari jumlah saat ini," papar Widjanardi.

Permasalahan selanjutnya menurut Mangindaan ialah kurangnya jumlah combat boat.

"Akan disampaikan, kalau perlu dianggarkan," kata Mangindaan menanggapi pemaparan sebelumnya dari Laksma R. Eko Suyatno tentang upaya peningkatan keamanan di area laut Kepri.

Sedangkan masalah ketiga dan keempat yakni kelemahan komunikasi dan koordinasi di lapangan. Mangindaan pun mengimbau agar petugas di lapangan harus seirama sehingga tidak saling salah tafsir dan salah paham.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com