Advertorial

Mengenali Karyawan, Kunci Penting dalam Membangun Bisnis

Kompas.com - 12/12/2017, 17:11 WIB

Sebuah bisnis yang sukses tak lepas dari faktor kinerja karyawan yang ada di dalamnya. Sebaik-baiknya  pemimpin perusahaan tidak cukup jika karyawannya tidak bekerja dengan baik. Sebagai seorang manajer atau pimpinan, mengenal setiap karyawan adalah sebuah keharusan. Hal ini menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Pengakuan perusahaan atas kerja karyawan dapat meberikan dampak positif. Karyawan akan merasa pekerjaannya dihargai sehingga terpacu utnuk menjadi lebih produktif dan kompak dalam bekerja. Selain sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian, mengenal karyawan juga dapat memberikan manfaat lainnya.

Salah satunya adalah menurunkan rasio turnover karyawan yang direkrut. Ketika karyawan merasa dihargai, mereka cenderung akan bertahan di perusahaan tersebut. Resiko mereka mengundurkan diri pun menjadi berkurang. Hal ini bermanfaat bagi bagian personalia karena mereka tak perlu sering melakukan proses perekrutan yang tak jarang memakan waktu dan biaya yang banyak.

 

Mungkin terdengar sepele, namun perhatian kecil dari perusahaan terhadap karyawan dapat meningkatkan kebahagiaan mereka di tempat kerja. Karyawan yang bekerja dengan suasana hati yang baik akan menjadi lebih produktif. Kebaikan dan perhatian kecil seperti mengingat nama mereka saja sudah cukup untuk sedikit menaikkan tingkat kebahagiaan dan produktivitas di tempat kerja.

Sebelum memperhatikan kesejahteran, perhatikan dulu kepuasan karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Jangan diam dan membiarkan rasa tidak puas berkembang menjadi bola liar. Perusahaan harus membuka diri untuk menerima segala masukan dan kritik dari pekerjanya. Proses ini juga dapat membuat karyawan lebih terbuka terhadap perusahaan. Selain mendapatkan masukan untuk bahan evaluasi, langkah ini juga dapat mencegah terjadinya konflik internal.

Komunikasi yang baik antara perusahaan dan karyawan akan menjalin rasa saling percaya di antara keduanya. Karyawan yang percaya pada perusahaannya akan bekerja denganlebih baik dan tak segan berkomitmen. Apalagi bagi perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja di luar kantor. Meskipun tidak bertemu setiap hari, keduanya tetap merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com