Advertorial

Kiat Cerdik Miliki Rumah Pertama

Kompas.com - 12/12/2017, 19:33 WIB

Memiliki rumah sudah jadi cita-cita setiap orang, termasuk bagi kaum muda yang baru membina rumah tangga. Hunian merupakan kebutuhan pokok yang menunjang kenyamanan hidup dan keharmonisan keluarga.

Namun persoalannya, keinginan memiliki rumah tidak semudah itu terwujud. Dengan harga properti yang terus menanjak, kaum muda di Indonesia, khususnya yang hidup di kota-kota besar, cukup kesulitan untuk mengejarnya. Pasalnya, kenaikan jumlah penghasilan tak berbanding lurus dengan lonjakan harga rumah.

Meski begitu, bukan berarti mimpi memiliki rumah pertama harus dibuang jauh-jauh. Kemungkinan dan harapan itu masih bisa digenggam asal bisa memegang teguh prinsip-prinsip berikut ini.

Pastikan memiliki penghasilan yang tersimpan di rekening bank

Realitanya, di zaman sekarang hal pertama yang wajib dimiliki seseorang sebelum membeli rumah adalah punya penghasilan tetap dan tersimpan di rekening tabungan bank. Selanjutnya, dari total tabungan Anda, hitung berapa yang bisa disisihkan untuk angsuran rumah. Perkiraannya, hitung saja 40 persen dari penghasilan bersih Anda per bulannya. Setelah mengetahui jumlahnya, Anda bisa perkirakan sendiri, apakah Anda nantinya sanggup memenuhi biaya cicilan itu per bulannya.

Pilih rumah sesuai bujet

Rumah pertama tentu tak harus mewah. Intinya, dalam memilih rumah, sesuaikan dengan bujet yang Anda miliki, sesuaikan dengan perhitungan biaya cicilan yang sudah Anda sanggupi.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah lokasi. Rumah atau apartemen yang berada di lokasi strategis serta dilengkapi dengan fasilitas umum dan lingkungan sosial yang baik. Kuncinya, lakukan riset dan cerdiklah dalam memprediksi pertumbuhan lokasi perumahan yang Anda pilih.

Meski begitu, jangan lupakan faktor lain pendukungnya, seperti seberapa mudah akses transportasi ke tempat bekerja. Perkirakan waktu dan ongkos transportasi yang Anda butuhkan setiap harinya. Jika masih layak dan terjangkau, maka tak perlu ragu pilih rumah tersebut.

Siapkan “kacamata kuda”, tetapkan skala prioritas

Setelah mantap dengan pilihan Anda, langkah selanjutnya adalah siapkan mental dan “kacamata kuda”. Sebab, ini saatnya Anda menentukan skala prioritas. Jadikan kewajiban mencicil rumah sebagai prioritas utama. Sementara, lupakan dulu keinginan untuk beli mobil, dan alokasikan penghasilan untuk biaya cicil rumah.

Manfaatkan promo KPR

Memanfaatkan fasilitas pendanaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank dapat membantu Anda mewujudkan impian memiliki hunian yang nyaman. Anda bisa bertanya ke bank mengenai syarat dan ketentuan dari produk KPR yang mereka tawarkan, lalu sesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Triknya, jangan lupa cari tahu tentang program promo yang mereka miliki, sebab ini sangat bermanfaat untuk meringankan beban Anda.

Bank Mandiri misalnya, kini tengah menawarkan promo menarik untuk produk Mandiri KPR, berupa suku bunga yang lebih ringan, yakni 5,99 persen fixed untuk dua tahun pertama dan 6,75 persen fixed untuk dua tahun selanjutnya. Penawaran bunga spesial ini berlaku sampai 31 Januari 2018.

Mengajukan aplikasi Mandiri KPR pun kini lebih mudah. Anda bisa mendapat persetujuan untuk aplikasi di hari yang sama dengan pengajuan. Dengan catatan, aplikasi yang Anda ajukan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri.

Mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk menikmati promo ini, Anda bisa cari informasinya langsung ke mandiri call 14000 atau klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com