Kilas

Gus Ipul Ajak Warga Beli Rumah Murah Lewat Gojek

Kompas.com - 13/12/2017, 14:45 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur  Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak warganya untuk membeli properti rumah murah, melalui fasilitas angkutan dalam jaringan (daring/online) Gojek. Pembelian juga disebut sangat mudah karena warga bisa mengangsur hanya dengan Rp 42.000 per hari.

Pemprov Jatim, kata Gus Ipul sangat mengapresiasi inovasi layanan kepemilikan properti yang diinisiasi Gojek dan Bank BTN itu. "Semoga ini memberi inspirasi stakeholder yang lain untuk memberikan layanan kepemilikan rumah kepada warga Jatim," jelasnya usai menghadiri MoU manajemen Gojek dan direksi Bank BTN di Surabaya, Rabu (13/12/2017).

Gus Ipul juga menyebut kerja sama tersebut sangat istimewa karena memberikan peluang kepada warga yang bekerja di sektor informal untuk memiliki rumah. "Sementara ini mereka dianggap tidak memenuhi syarat administrasi oleh bank untuk mengakses kredit rumah," ucapnya.

Sebelumnya, kata Director IT and Operation Bank BTN Adi Setianto, program akses pembiayaan rumah ini sukses dilakukan di kawasan Jabodetabek. Kali ini, Gojek dan BTN meluncurkan program ini di Jawa Timur dan kemudian dilanjutkan ke 14 kota lainnya di Indonesia.

"Per 30 November 2017, sudah lebih dari 4.500 mitra Gojek yang mendaftarkan diri dalam program ini," jelasnya.

Dia mencatat, di Jawa Timur mitra Gojek sendiri mencapai 175.000. Dari jumlah itu, 75.000 di antaranya berada di Surabaya, sisanya tersebar di seluruh Jawa Timur.

Melalui program itu, para mitra Gojek dapat memiliki rumah dengan uang muka yang terjangkau dan suku bunga yang rendah dan tetap selama 20 tahun. "Kini, mitra Gojek bisa punya rumah impian mulai dari Rp 42.000 per hari," tuturnya.

Kolaborasi dengan Gojek ini sejalan dengan misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan inklusi keuangan, sekaligus menjalankan komitmen bank BTN di dalam menyukseskan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com