Advertorial

Kiat Membeli Gadget Baru Tanpa Harus Menguras Anggaran

Kompas.com - 14/12/2017, 17:00 WIB

Terlepas dari berbagai klaim yang menyebutkan bahwa gadget dapat memberikan dampak buruk, hampir semua orang setuju bahwa kehidupan sehari-hari tidak dapat dipisahkan dari penggunaannya. Kini, berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan mudah melalui gadget. Mulai dari fungsi dasar seperti berkomunikasi hingga melakukan transaksi perbankan.

Gadget juga sering kali dianggap sebagai ‘perhiasan’ karena kehadirannya yang mampu meningkatkan gengsi seseorang. Tidak mengherankan bila gadget berharga belasan hingga puluhan juta rupiah tetap dibanjiri peminatnya. Banyak orang pun rela mengantri sampai berhari-hari untuk mendapatkan gadget terbaru yang akan diluncurkan.

Sebenarnya, membeli gadget mahal sah-sah saja untuk dilakukan. Terlebih lagi bila gadget tersebut telah diincar sejak lama. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum membelinya. Apalagi, jika harga gadget yang diinginkan ternyata lebih tinggi dari kemampuan.

Agar tidak menyesal setelah membeli, pikirkan kembali apa yang dibutuhkan dari sebuah gadget. Pada akhirnya, gadget adalah alat yang digunakan untuk meringankan pekerjaan sehari-hari, bukan justru memberatkan pengeluaran. Fitur yang berlimpah tidak menjamin produktivitas dan kemudahan kerja. Karena itu, selalu sesuaikan gadget yang ingin dibeli dengan kebutuhan, bukan sebaliknya.

Setelah mendapatkan kandidat gadget pilihan, pilihlah yang memiliki kualitas terbaik. Jangan menelan bulat-bulat iklan yang ditayangkan. Selalu cari tahu dan bandingkan antara merek satu dengan lainnya. Rajin-rainlah mencari ulasan dari pengguna masing-masing gadget agar mengerti betul kekurangan dan kelebihannya.

Langkah selanjutnya adalah mengintip isi dompet sebelum membeli gadget idaman. Meskipun keinginan memiliki gadget terbaik begitu tinggi, jangan menutup mata soal anggaran. Jangan paksakan diri untuk mengeluarkan uang di luar kemampuan untuk membeli gadget. Sebaliknya, carilah alternatif pembiayaan atau promosi yang sedang berlangsung.

Salah satu promosi yang menguntungkan adalah fasilitas cicilan nol persen yang disediakan khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk membeli gadget di Erafone. Dengan demikian, harga gadget yang tinggi dapat dipecah ke dalam jangka waktu yang diinginkan. Beban pengeluaran gadget yang semula besar pun terasa lebih ringan dan terkendali.

Meskipun demikian, jangan lupa untuk menghitung ulang utang yang ada. Pastikan jumlahnya tidak melebihi 30 persen dari pendapatan setiap bulan. Hal ini untuk menjamin kesehatan kondisi keuangan agar tetap ideal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com