Advertorial

Bebas Berkendara Usai Bayar Pajak kendaraan

Kompas.com - 17/12/2017, 09:12 WIB

Kewajiban membayar pajak kendaraan tentunya harus dilaksanakan oleh pemilik kendaraan. Ancaman berupa sanksi senantiasa mengintai para pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraannya. Hal ini akan memengaruhi kenyamanan dalam berkendara karena akibat perasaan was-was yang muncul akan sanksi tersebut.

Oleh karena itu “Bebas Bergerak” menjadi salah satu kampanye Bapeda (Badan Pendapatan Daerah) Provinsi Jawa barat untuk mencerminkan perasaan bebas pemilik kendaraan jika sudah menuntaskan kewajiban membayar pajak kendaraannya. Kampanye itu juga bertujuan semakin mengajak masyarakat untuk segera menyelesaikan kewajibannya tersebut.

Selain kampanye “Bebas Bergerak”, tim pembina Samsat juga telah menciptakan beragam inovasi untuk memudahkan pemilik kendaraan membayar kewajiban membayar pajak kendaraannya. Produk inovasi tersebut adalah E-Samsat, Sipolin, T-Samsat, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, Samades, Samling (Samsat Keliling) dan Samdong (Samsat Gendong).

Produk inovasi tersebut diperkenalkan kepada masyarakat Jawa Barat melalui acara Sosialisasi Bebas Bergerak. Acara ini dilakukan di sepuluh kota se-Jawa Barat dan khusus daerah Bogor, Depok, dan Bekasi acara dilakukan setiap akhir pekan. Sosialisasi ini juga dikemas dengan cara yang unik dan tidak membosakan sehingga bisa diterima masyarakat dengan mudah.

Sosialisasi dikemas dengan diadakannya kompetisi dance dan photobooth yang membuat masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam sosialisasi tersebut. Selain itu untuk semakin mensukseskan sosialisasi, ada juga hiburan dari dancer dan group band. Hadiah dan doorprize juga bisa dibawa pulang peserta yang melakukan pembayaran di Samling atau Samdong.

Hasilnya animo masyarakat dalam sosialisasi begitu tinggi terutama di daerah Bogor, Depok, dan Bekasi yang merupakan daerah dengan hasil Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terbesar. Diharapkan sosialisasi ini akan semakin meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan Jawa Barat untuk membayar pajaknya sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com