Advertorial

Penerapan Transparansi Bisnis Sebagai Kunci Tata Kelola Perusahaan

Kompas.com - 18/12/2017, 09:04 WIB

Sebuah bisnis yang berhasil dalam persaingan tentu memiliki cara tersendiri untuk bertahan. Bukan rahasia lagi bahwa penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) adalah salah satu kunci penting yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Melalui penerapan GCG dalam perusahaan, kinerja dan iklim investasi perusahaan dapat terus ditingkatkan.

Salah satu aspek dalam GCG adalah terkait keterbukaan atau transparansi perusahaan. Dengan adanya keterbukaan informasi atas proses kerja yang berlangsung, para pemangku kepentingan akan terlayani dengan baik. Hal ini dibuktikan oleh BCA yang dianugerahi penghargaan Best Disclosure and Transparency Big Cap dalam acara The 9th IIDC Corporate Governance Award 2017.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jan Hendra transparansi ini mampu memelihara kepercayaan nasabah, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Penghargaan The 9th IIDC Corporate Governance Award 2017 ini makin memotivasi kami untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan perbankan terbaik,” kata Jan ketika menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama antara Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) dan Kontan. Tak sembarang perusahaan bisa menyabet penghargaan ini. Melainkan hanya perusahaan publik yang dinilai memiliki komitmen kuat dalam melaksanakan GCG secara menyeluruh.

Sebagai salah satu perusahaan publik yang bergerak di bidang perbankan, BCA menyadari penerapan GCG secara menyeluruh merupakan langkah yang harus dilakukan. Melalui penerapan GCG, ia mampu memelihara kepercayaan dan memberikan nilai tambah bagi BCA di hadapan publik. Ini pun merupakan bentuk penilaian terhadap diri sendiri (self-assessment) atas penerapan tata kelola perusahaan yang dilakukan BCA.

“Kami juga melakukan komunikasi dua arah dengan nasabah, regulator, dan komunitas pasar modal sebagai kunci utama terselenggaranya keterbukaan informasi dan transparansi perusahaan,” kata Jan.

Peningkatan kinerja bisnis dan iklim investasi perusahaan hanyalah segelintir manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan GCG di perusahaan. Baik karyawan, perusahaan, investor, maupun publik dapat merasakan dampak dari pengelolaan perusahaan yang baik. Ke depannya pun perusahaan mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik dan hubungan yang lebih harmonis dengan para pemangku kepentingannya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com