Advertorial

Tingkatkan Kualitas Diri dan Karier dengan Menguasai Bahasa Asing

Kompas.com - 20/12/2017, 09:43 WIB

Selain karakter yang baik, kecakapan juga adalah hal mutlak yang harus dimiliki untuk bertahan di dunia kerja. Persaingan begitu ketat, standar yang diterapkan perusahaan juga terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Hanya kandidat dengan kecakapan terbaik dan keberuntungan lebih yang dapat menempati jabatan terbaik. Salah satu kecakapan yang dapat “nilai” seorang karyawan lebih unggul adalah kemampuan berbahasa asing.

Hampir semua perusahaan saat ini memilih kandidat yang tidak hanya menguasai bahasa ibu tetapi juga bahasa asing yang digunakan secara global. Misalnya Bahasa Inggris yang menempati posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu bahasa asing kedua dan pertama terbanyak digunakan di dunia yaitu Bahasa Mandarin dan Spanyol.

Penguasaan bahasa asing dapat memperkaya kemampuan seorang kandidat di mata perekrut. Menurut pakar karier James Hoherty, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seseorang yang mahir menggunakan bahasa asing.

Ia akan punya perbedaan dengan kandidat lain di tengah ketatnya persaingan di pasar tenaga kerja. Selain itu, keahlian ini pun membuat seseorang mampu masuk ke dalam budaya yang berbeda dengan pendekatan yang lebih pribadi. Apalagi mengingat kini begitu banyak perusahan asing yang ada di Indonesia membuka kesempatan kerja.

Oleh karena itu, menyertakan  bahasa asing lain dalam kolom kemampuan di resume profesional akan memberikan nilai tambah. “Saat ini, banyak perusahaan menilai bahwa karyawan dengan lebih dari satu keahlian bahasa merupakan calon yang menarik,” kata James.

Untuk melatih kemampuan bahasa asing yang sudah ada, manfaatkanlah waktu luang dengan belajar. Tak perlu mengambil kursus formal, cukup manfaatkan berbagai teknologi yang sudah ada seperti dengan aplikasi smartphone.

Misalnya dengan mengunduh aplikasi Andy English yang bisa membantu untuk belajar, menguasai, dan melatih bahasa Inggris agar lebih lancar. Atau melalui aplikasi Duolingo yang menyediakan 24 konversi bahasa asing untuk dipelajari secara digital.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com