Advertorial

Ingin Keuangan Mapan dalam Lima Tahun? Ikuti Langkah Berikut

Kompas.com - 21/12/2017, 11:30 WIB

Memiliki kondisi keuangan yang mapan tentunya menjadi impian semua orang. Usaha dan waktu memang dibutuhkan untuk menggapainya. Banyak anggapan bahwa butuh waktu hingga puluhan tahun untuk mencapai kemapanan finansial, tetapi ternyata hal tersebut bisa diperoleh dalam jangka lima tahun saja.

Miliader asal Hong Kong, Li Ka Shing; pemilik dari perusahaan CK Hutchingson Holdings berpendapat bahwa dalam kurun waktu lima tahun siapa saja bisa hidup lebih mapan. Orang dengan kekayaan mencapai 33,8 miliar dollar AS tersebut memberi tahu bahwa kuncinya adalah melalui pengelolaan keuangan yang tepat dengan membagi pendapatan ke dalam lima porsi berbeda setiap bulan.

Li Ka Shing membuat ilustrasi dengan seseorang berpenghasilan Rp 4 juta per bulan yang masih bujang dan tinggal bersama orang tua. Porsi pertama dalam pembagian pendapatan adalah untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari yaitu sebesar Rp 1,5 juta, baik untuk transportasi atau makan siang. Rp 50.000 per hari harus bisa dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan ini dengan penggunaan transportasi umum dan membawa bekal untuk menekan pengeluaran.

Porsi kedua adalah untuk pemenuhan kebutuhan sosial sebesar Rp 600.000. Kebutuhan ini misalnya untuk membeli paket internet. Mentraktir teman juga bisa dilakukan, tetapi dengan memilih mereka yang bisa memberi berbagai manfaat baik . Nantinya selain dianggap sebagai sosok dermawan, maka berbagai manfaat baik tersebut juga akan didapat.

Kebutuhan untuk terus belajar merupakan porsi ketiga dalam pembagian pos pendapatan bulanan sebesar Rp 500.000. Ada banyak cara untuk melakukannya, antara lain adalah dengan membeli buku dan mengikuti pelatihan atau seminar yang sesuai minat dan profesi. Tidak hanya pengetahuan dan ketrampilan saja, melalui beberapa cara tersebut koneksi baru juga bisa bertambah.

Porsi keempat adalah sebesar Rp 400.000 untuk kebutuhan liburan. Setidaknya liburan bisa dilakukan sekali dalam setahun sebagai hadiah untuk diri sendiri. Manfaat liburan selain untuk refreshing, tentu juga bisa menambah pengalaman hidup. Jika ingin liburan yang lebih murah, maka backpacking bisa dilakukan selama berlibur.

Investasi menjadi porsi terakhir dalam pembagian pendapatan bulanan. Setidaknya Rp 1 juta harus disisihkan untuk memulai bisnis kecil-kecilan seperti menjadi reseller. Memulai bisnis selain akan menambah pendapatan juga turut menambah kepercayaan diri dan pengetahuan baru tentang banyak hal.

Konsistensi dalam pengelolaan keuangan tersebut bisa menaikkan pendapatan sebesar 30 persen dalam tiga tahun. Jika terus konsisten, maka dalam lima tahun pendapatan bisa semakin naik hingga 70 sampai 100 persen. Uang tabungan juga bisa digunakan untuk membayar uang muka KPR (Kredit Pembelian Rumah) atau pengajuan kredit mobil pertama melalui  KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com