Ini Status Terbaru Gus Ipul - Kompas.com
Advertorial

Ini Status Terbaru Gus Ipul

Kompas.com - 21/12/2017, 18:08 WIB
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dinobatkan sebagai Bapak TPQ oleh ribuan santri dan guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ), Kompas.com/Achmad Faizal Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dinobatkan sebagai Bapak TPQ oleh ribuan santri dan guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ),

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dinobatkan sebagai Bapak Taman Pendidikan Quran (TPQ) oleh ribuan santri dan guru TPQ, Selasa (19/12/2017), saat istighosah Kubro ke-VIII santri TPQ Annahdiyah, cabang Ponpes Langitan, Tuban  di masjid Al Akbar Surabaya.

Penobatan itu didasari semangat Gus Ipul memperjuangkan nasib TPQ untuk memperluas dan membela dakwah agama Islam.

"Kami menobatkan Gus Ipul sebagai bapak TPQ Jawa Timur atas semangatnya memperjuangkan nasib TPQ untuk memperluas dan mmebela dakwah agama Islam," kata KH Maksum Faqih (Gus Maksum) Dewan Pembina TPQ Annahdiyah.

Gus Maksum yang juga pengasuh Ponpes Langitan Tuban ini mengatakan, Gus Ipul selama menjabat sebagai wakil gubernur telah menunjukkan semangat dan kepeduliannya untuk kemajuan TPQ.

"Inilah sosok yang pantas mendapatkan penghargaan itu. Karena, yang paling peduli pada pendidikan anak khususnya pendidikan Al-Quran ya Gus Ipul," kata dia.

Kepedulian Gus Ipul ini pula yang menurut dia menjadikan Gus Ipul layak menjadi Gubernur Jawa Timur. "Tanpa saya harus ngomong saya kira semua sudah tahu siapa calon gubernur yang peduli dan paling layak memimpin Jawa Timur," kata dia.

Saat ini kata dia, seluruh santri dan alumni Langitan juga telah satu suara dan satu komando untuk memenangkan Gus Ipul dalam pemilihan gubernur 2018 mendatang.

Sementara itu, mengetahui dirinya dinobatkan menjadi Bapak TPQ Jawa Timur, Gus Ipul mengatakan bahwa ini adalah ajakan moral agar pemerintah lebih peduli lagi pada TPQ.

Ke depan, perhatian pada TPQ harus ditingkatkan. Jika selama ini sudah ada Bantuan Operasional Sekolah (BOSDA) Madrasah Diniyah, maka hal yang sama juga akan dilakukan untuk TPQ.

Begitu juga peningkatan kemampuan dan kesejahteraan para guru TPQ juga akan ditingkatkan. "Ini harus didata dulu jumlah TPQ. Setelah itu model Madin nanti akan diterapkan seperti BOSDA dan dukungan bagi para gurunya," kata Gus Ipul.

Sebagai pendidikan usia dini, TPQ sangat penting untuk pendidikan karakter sekaligus untuk penguatan pendidikan agama. Jika TPQ maju, maka Ke depan akan lahir banyak ahli-ahli di berbagai bidang yang juga ahli Al-Quran.

Sementara itu istighosah Kubro ke-VIII santri TPQ Annahdiyah kali ini diikuti ribuan pelajar TPQ dari beragam daerah. TPQ Annahdiyah pimpinan Gus Maksum sendiri memiliki 1800 TPQ yang tersebar di beragam daerah di Jawa Timur.(KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM